Bola Internasional

Susul Bek Ajax, Ini 2 Pemain Keturunan Berpotensi Acuhkan Timnas Indonesia

Jumat, 5 Juni 2020 11:35 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Indra Citra Sena
© INDOSPORT
Susul Bek Ajax, Ini 2 Pemain Keturunan yang Berpotensi Ikut Mengacuhkan Timnas Indonesia Copyright: © INDOSPORT
Susul Bek Ajax, Ini 2 Pemain Keturunan yang Berpotensi Ikut Mengacuhkan Timnas Indonesia

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia wajib berhati-hati dengan potensi para pemain keturunan membelot ke negara lain, seperti yang dilakukan bek Ajax Amsterdam, Tristan Gooijer.

Fenomena pemain keturunan memang banyak menghiasi persepak bolaan Indonesia. Mereka mayoritas berkarier di luar negeri, bahkan ada yang menembus tim top Eropa.

Sulit untuk menyebutkan semua nama, bahkan mungkin masih banyak pemain keturunan yang belum terdeteksi latar belakangnya. Mereka sejatinya bisa dimanfaatkan timnas Indonesia untuk memperbaiki prestasi.

Tempaan level sepak bola Eropa yang diterima para pemain keturunan, sekiranya begitu mewah bagi timnas Indonesia. Jika semua pemain keturunan berkualitas top mampu diajak bergabung, kiprah Garuda di kancah internasional mungkin bakal lebih baik.

Sayang, tak semua pemain keturunan mau membela timnas Indonesia. Sudah ada beberapa bukti nyata, Simon Tahamata memilih Belanda, Radja Nainggolan berpihak ke Belgia, dan Emil Audero mengabdi kepada Italia.

Teranyar, ada bek muda Indonesia yang kini merumput bersama klub raksasa Belanda, Ajax Amsterdam, Tristan Gooijer. Berstatus blasteran Indonesia-Belanda, dia enggan membela Skuat Garuda.

Berdasarkan data Transfermarkt, Gooijer telah tiga kali tampil memperkuat Belanda di ajang internasional. Februari lalu saja, dia baru saja mengantarkan Belanda U-16 menjuarai ajang UEFA Development.

Hal seperti Tristan berpotensi terulang kembali ke depannya. Sejumlah pemain keturunan lain mungkin saja akan ikut-ikutan membelot ke negara lain dan mengacuhkan timnas Indonesia.

Elkan Baggot

© instagram.com/elkanbaggott/
Elkan Baggot, pemain keturunan Indonesia di Liga Inggris Copyright: instagram.com/elkanbaggott/Elkan Baggot, pemain keturunan Indonesia di Liga Inggris

Elkan Baggot merupakan pemain blasteran Indonesia-Inggris. Kariernya kini tengah dilalui bersama tim kasta bawah Liga Inggris, Ipswich Town.

Darah Indonesia Elkan Baggot didapat dari Ibunya. Bahkan semasa masih kecil dulu, dia sempat menetap di Jakarta sampai berusia sembilan tahun.

“Ya. Ibuku dari Jakarta dan ayahku dari Inggris jadi aku memiliki darah Indonesia. Saya pernah tinggal di Jakarta sampai berusia 9 tahun, kemudian pindah ke sini untuk meraih mimpi bermain di Liga Inggris." ucap Elkan kepada redaksi berita olahraga INDOSPORT..

Kualitas Elkan Baggot sebagai bek tengah rasanya cukup menjanjikan untuk timnas Indonesia. Apalagi, dia punya postur menjulang 1,94 meter, sehingga pasti sangat berguna bagi Skuat Garuda ketika melakukan duel bola udara.

Akan tetapi, ada potensi bahwa Elkan Baggot akan mengacuhkan timnas Indonesia, dan berpihak ke negara lain. Wajar, beberapa waktu lalu, dia sempat ingin dibajak oleh Thailand.

Elkan Baggot sendiri memang masih menyimpan hasrat membela Timnas Indonesia, namun tidak menutup kemungkinan untuk mengabdi kepada Thailand, jika tawarannya lebih menggiurkan.

"Jawaban saya untuk pertanyaan itu (timnas yang dipilih), saya lebih suka bermain untuk Indonesia karena di sana keluarga saya berasal, berharap terpilih untuk Piala Dunia U-20. Itulah yang saya inginkan," ucap Baggot kepada INDOSPORT.

"Tetapi saya juga harus melihat apa yang ditawarkan Thailand dan target mereka ke depan (memenangi Piala Dunia), saya juga akan melihat target Indonesia. Namun Indonesia menjadi pilihan utama karena di sanalah keluarga saya berada," tambahnya.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
50%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
50%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%