Liga Inggris

Tekan Risiko Cedera, Liga Inggris Pakai Aturan 5 Pergantian Pemain

Jumat, 5 Juni 2020 13:05 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
© Catherine Ivill/Getty Images
Logo Liga Primer Inggris Copyright: © Catherine Ivill/Getty Images
Logo Liga Primer Inggris

INDOSPORT.COM – Pihak Liga Inggris memutuskan untuk memakai aturan lima kali pergantian pemain guna menekan risiko cedera saat kompetisi dilanjutkan pada 17 Juni mendatang.

Umumnya, kompetisi sepak bola resmi akan menggunakan aturan tiga kali pergantian pemain di setiap pertandingan. Namun, kali ini berbeda untuk lanjutan Liga Inggris pasca pandemi virus corona.

Dilansir Sport BBC, Liga Inggris akan menerapkan lima kali pergantian pemain sehingga memungkinkan setiap tim menyediakan sembilan cadangan, bukan tujuh seperti biasanya.

Meski ada lima kali pergantian pemain, masing-masing tim hanya memiliki tiga peluang melakukan pergantian sepanjang laga untuk mengurangi gangguan pada pertandingan.

Perubahan aturan pergatian pemain ini ditetapkan oleh FIFA, selaku pembuat hukum sepak bola, untuk melindungi keselamatan pemain saat pertandingan dimulai kembali.

Seperti diketahui, Liga Inggris yang akan kembali bergulir pada 17 Juni besok lebih banyak dimainkan pada siang hari nan terik, terutama laga akhir pekan di mana tim akan bertanding tepat pukul 12.00 waktu setempat atau pukul 18.00 WIB.

Sangat tidak mungkin tim yang bertanding menyediakan sedikit pemain cadangan. Cuaca yang panas membuat pemain cepat merasa haus dan kelelahan, sehingga bila dipaksakan bermain akan mengganggu kebugaran tubuh.

Aturan lain yang mungkin akan ditetapkan selanjutnya, yakni tambahan jeda untuk minum untuk mencegah para pemain terserang dehidrasi di tengah pertandingan.

Cuaca panas membuat para pemain yang bertanding butuh asupan cairan lebih banyak. Asupan ini tampaknya tak bisa terpenuhi bila hanya ada satu jeda pertandingan setiap 45 menit.

Sekadar mengingatkan, jadwal Liga Inggris terdekat setelah beberapa pekan harus absen akibat pandemi virus corona akan mempertemukan Manchester City kontra Arsenal. 

Saat ini, Manchester City bertengger di peringkat kedua klasemen sementara Liga Inggris 2019-2020 dengan perolehan 57 poin. sementara Arsenal di posisi kesembilan (40 poin).