Liga Indonesia

Kenangan Legenda Persib Saat Semifinal Liga Indonesia 1994/1995

Sabtu, 6 Juni 2020 13:11 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Herry Ibrahim
© Arif Rahman/INDOSPORT
Legenda Persib Bandung Yudi Guntara (tiga dari kanan) bersama legenda Maung Bandung lainnya saat konferensi pers Persib Legend in Action‎ beberapa waktu lalu. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Legenda Persib Bandung Yudi Guntara (tiga dari kanan) bersama legenda Maung Bandung lainnya saat konferensi pers Persib Legend in Action‎ beberapa waktu lalu.

INDOSPORT.COM - Legenda tim Persib Bandung, Yudi Guntara, mengaku memiliki kenangan unik dan menarik yang tidak bisa dilupakan olehnya saat masih menjadi pemain sepak bola profesional. 

Salah satunya, yakni pertandingan semifinal Liga Indonesia pertama musim 1994/1995. Saat itu menurut Yudi, skuat Maung Bandung sulit mencetak gol ke gawang Barito Putera, padahal Persib memiliki banyak peluang emas.

Bahkan saking sulitnya mencetak gol, membuat beberapa pemain Persib mencoba mengerak-gerakkan jaring gawang dan mencari hal yang terasa janggal di gawang tim lawan. 

Salah satu pemain Persib, menemukan sebuah telur di gawang Barito. Telur tersebut dipecahkan, karena dinilai menjadi benda klenik yang dimiliki oleh tim lawan. 

"Yang selalu saya ingat, kalau menurut saya ini bodor (lucu), waktu saat Persib melawan Barito Putera di semifinal, di situ ada telor. Saya juga gak percaya seperti itu, tapi memang kenyataannya ada di lapangan," kata Yudi saat live di Instagram Persib, Kamis (04/06/20) malam. 

"Sampai teman saya beberapa pemain di Persib, saking tidak bisa mencetak gol sampai ada kata-kata 'coba masuk ke gawang gibrig-gibrig (gerak-gerakkan) jaring gawang, teangan aya naon (cari ada apa)," kenang Yudi menambahkan. 

Setelah telur tersebut dipecahkan, Persib akhirnya bisa memecah kebuntuan melalui gol Kekey Zakaria. Gol tunggal tersebut, membuat tim kebanggaan Bobotoh berhasil meraih kemenangan tipis 1-0 dan lolos ke babak final. 

"Itu pecah telor, gol sama Kekey, bodor sama tegang juga, karena itu semifinal kalau kita kalah kita selesai gak lanjut," ungkapnya. 

Sementara itu, pada pertandingan final, skuat Maung Bandung berhasil menaklukkan Petrokimia Putra dengan skor tipis 1-0 melalui gol Sutiono Lamso. Gol tersebut, membuat Persib berhasil meraih gelar juara Liga Indonesia pertama musim 1994/1995.