Liga Indonesia

Meski Sudah Pilih Belanda, Tristan Masih Bisa Bela Timnas Indonesia

Sabtu, 6 Juni 2020 10:18 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© ajax.nl
Tristan Gooijer masih memiliki kesempatan membela Timnas Indonesia, meski saat ini sudah memilih Timnas Belanda. Copyright: © ajax.nl
Tristan Gooijer masih memiliki kesempatan membela Timnas Indonesia, meski saat ini sudah memilih Timnas Belanda.

INDOSPORT.COMTristan Gooijer telah memutuskan untuk membela Timnas Belanda usia muda di ajang resmi. Meski begitu, Timnas Indonesia masih bisa menggunakan jasa sang pemain.

Tristan sendiri diketahui memiliki darah Indonesia yang mengalir dalam tubuhnya. Hal itu bahkan dibenarkan oleh situs yang fokus terhadap sepak bola dunia, Transfermarkt.

Bakat Tristan pun bisa dikatakan cukup menjanjikan. Mengingat Tristan sudah tergabung ke dalam tim raksasa Eredivisie Belanda, Ajax Amsterdam saat usianya masih 15 tahun.

Tristan pertama kali datang ke Ajax pada musim panas 2016. Kala itu, Tristan didatangkan akademi Ajax dari tim Belanda lainnya Almere City.

Kemampuan Tristan sempat dibuktikan ketika ia pernah mencetak gol tendangan jarak jauh spektakuler, yang kemudian dianugerahi penghargaan gol terbaik Ajax per bulan Februari 2018.

Melihat segala potensinya itu, tentu akan sangat beruntung jika Timnas Indonesia U-19 memiliki sosok Tristan pada ajang Piala Dunia U-20 2021 mendatang.

Sentuhan Ajax Amsterdam yang terkenal atas reputasi melahirkan bintang-bintang hebat top dunia, diyakini mengalir ke dalam tubuh Tristan.

Peran Tristan pun kemungkinan besar bakal sangat krusial di lini belakang Timnas Indonesia U-19. Itu tak terlepas dari pengalamannya saat menimba ilmu di Ajax.

Sayangnya, Tristan telah memilih untuk tampil bersama Timnas Belanda U-16. Ia bahkan mampu menjuarai ajang UEFA Development.

Berdasarkan data Transfermarkt, Tristan memainkan tiga pertandingan bersama Timnas Belanda U-16. Hebatnya, semua laga itu diselesaikan dengan hasil positif.

Laga pertama tercipta tepat tanggal 7 November 2019 kontra Hungaria. Tristan yang tampil mengisi posisi bek kanan, sukses membawa Belanda menang 1-0.

Laga kedua, Tristan tampil membela Belanda dalam laga melawan Jerman. Tristan kembali mengisi posisi bek kanan, sekaligus sukses membantu negaranya mengalahkan Jerman 2-0.

Pertandingan terakhir jumpa Kolombia U-16, Tristan lagi-lagi ditugaskan di posisi bek kanan. Tristan dan kawan-kawan pun sukses menuai kemenangan meyakinkan 3-1.

IDS Emoticon Suka
Suka
14%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
43%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
43%