Bola Internasional

Penebus Dosa Tristan Gooijer, Ini 3 Bek Kanan Eropa yang Bisa Perkuat Timnas Indonesia

Minggu, 7 Juni 2020 11:16 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Lanjar Wiratri
© Gabriele Maltinti/Getty Images
Sejumlah bek kanan Eropa diyakini bisa memperkuat Timnas Indonesia dan jadi penebus dosa Tristan Gooijer. Copyright: © Gabriele Maltinti/Getty Images
Sejumlah bek kanan Eropa diyakini bisa memperkuat Timnas Indonesia dan jadi penebus dosa Tristan Gooijer.

INDOSPORT. COM - Sejumlah bek kanan Eropa diyakini bisa memperkuat Timnas Indonesia dan jadi penebus dosa Tristan Gooijer.

Belakangan pecinta sepak bola Tanah Air dikejutkan dengan kabar dari Tristan Gooijer. Bek kanan berdarah Indonesia ini, diketahui telah membela Belanda di ajang internasional.

Berdasarkan data Transfermarkt, sejak penghujung 2019 hingga awal 2020 (sebelum pandemi virus corona menyebar), Tristan begitu aktif bermain untuk Belanda U-16. Total, ada tiga laga yang sudah dilakoni Tristan, satu pertandingan pada November 2019, dan sisanya sekitar Februari 2020.

Laga pertama tercipta tepat tanggal 7 November 2019 kontra Hungaria. Tristan yang tampil mengisi posisi bek kanan, sukses membawa Belanda menang 1-0.

Laga kedua, Tristan tampil membela Belanda dalam pertandingan melawan Jerman, 6 Februari 2020. Tristan kembali mengisi posisi bek kanan, sekaligus sukses membantu negaranya mengalahkan Jerman 2-0.

Laga terakhir jumpa Kolombia U-16, 11 Februari 2020, Tristan lagi-lagi ditugaskan di posisi bek kanan. Tristan dan kawan-kawan pun sukses menuai kemenangan meyakinkan 3-1.

Fakta tentang Tristan yang lebih pilih bela Belanda, jelas memunculkan kerugian bagi Timnas Indonesia. Tristan pada dasarnya memang memiliki kualitas menjanjikan, karena sudah mampu menembus tim top Eredivisie Belanda sekelas Ajax Amsterdam.

Meski begitu, Timnas Indonesia tidak perlu berkecil hati. Bila ditelusuri lebih jauh, masih ada sejumlah bek kanan Eropa lainnya yang bisa memperkuat Timnas Indonesia, sekaligus menjadi penebus dosa Tristan.

Siapa sajakah para bek kanan Eropa yang dimaksudkan tersebut? INDOSPORT coba menjabarkan ulasannya ke dalam rangkuman berikut ini.

Lorenzo Raharing

Lorenzo Raharing Copyright: Instagram@lorenzoraharingLorenzo Raharing

Lorenzo Raharing sendiri kini tercatat bermain untuk klub Eredivisie Belanda, FC Twente. Mengingat umurnya yang masih belia, Lorenzo Raharing pun diandalkan di tim junior FC Twente U-17.

Merangkum data dari Transfermarkt, Lorenzo Raharing tampil membela FC Twente U-17 sejak 1 Juli 2019 lalu. Ia telah memainkan 13 laga di ajang Eredivisie Belanda U-17 dan mencetak satu gol.

Sebelumnya, Lorenzo Raharing lebih dulu menimba ilmu di akademi FC Twente. Lorenzo Raharing juga sempat belajar bersama Akademi Be Quick Youth, dan baru pindah ke FC Twente pada 1 Juli 2018.

Lebih jauh, ada catatan menarik tentang status kewarganegaraan Lorenzo Raharing yang dituliskan Transfermarkt. Lorenzo Raharing ternyata menyandang status sebagai pemain berpaspor Belanda dan punya keturunan Indonesia.

Fakta itu jelas membuat Lorenzo Raharing suatu saat nanti berpeluang membela Timnas Indonesia. Pengalamannya menimba ilmu di pentas sepak bola Eropa, diyakini akan cukup pantas membuat Lorenzo Raharing menjadi andalan utama Skuat Garuda.

Lorenzo Raharing sendiri terbiasa menempati posisi bek kanan. Jika memang nanti Lorenzo Raharing berniat membela Timnas Indonesia, dirinya tentu akan menjadi sosok yang menebus dosa Tristan Gooijer.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
50%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
50%