Liga Inggris

Meski Dihukum UEFA, Pep Guardiola Akan Tetap Bertahan di Man City

Senin, 8 Juni 2020 13:29 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Chris Brunskill/GettyImages
Meski Tak Bermain di Liga Champions, Pep Guardiola Tetap bertahan di Man City Copyright: © Chris Brunskill/GettyImages
Meski Tak Bermain di Liga Champions, Pep Guardiola Tetap bertahan di Man City

INDOSPORT.COM - Pelatih Manchester City, Pep Guardiola di klaim oleh pihak klub akan tetap bertahan meskipun The Citizens terancam tak tampil Liga Champions untuk dua musim kedepan.

Manchester City saat ini tengah mengalami banyak permasalahan yang dihadapinya. Selain permasalahan mengenai stadion yang digunakan untuk menampung orang pada masa pandemi virus corona. Mereka juga dihadapkan permasalahan larangan tampil di Liga Champions.

Larangan bermain di Liga Champions ini muncul karena Man City didakwa telah melanggar peraturan UEFA mengenai Financial Fair Play (FFP). The Citizens disebut akan melakukan persidangan pada Senin, (08/06/20) waktu setempat untuk menindaklanjuti banding yang telah diajukan.

Lebih lagi, mereka tidak akan bisa mengunci gelar Liga Inggris musim ini karena tertinggal 25 poin dari penghuni puncak klasemen sementara, Liverpool yang memiliki 82 poin. Padahal, ereka digadang-gadang akan menjuarai Liga Inggris tiga kali berturut-turut.

Selain itu, dampak dari adanya larangan bermain di Liga Champions dua musim kedepan, banyak pemain yang dikabarkan akan hengkang musim ini. Pemain tersebut adalah David Silva, Raheem Sterling, dan Kevin De Bruyne.

Yang lebih dikhawatirkan adalah mengenai status kepala pelatih, Pep Guardiola yang juga sempat dikabarkan akan melakukan reuni bersama mantan klubnya Barcelona. Memang kontraknya dengan Manchester City akan habis pada 2021 mendatang.

Kendati demikian, tidak menutup kemungkinan bahwa Pep juga akan pergi meninggalkan Etihad Stadium di musim ini akibat larangan bermain di Liga Champions tersebut. Namun, pihak dari klub mengklaim bahwa mantan pelatih Barcelona itu tetap bertahan meski terkendala bermain di kejuaraan bergengsi Eropa.

Dilansir dari The Top Flight, Pep Guardiola ini akan tetap bertahan di Manchester City musim ini. Namun, kendalanya adalah nasibnya nanti ketika kontrak habis. Sebab, pihak manajemen sampai saat ini belum membuka pembicaraan mengenai kontrak eks pelatih Bayern Munchen tersebut.

Pep Guardiola sendiri bergabung menjadi manajer City terhitung sejak tahun 2016 lalu, ia juga memperpanjang kontraknya pada tahun 2018 dan tetap bertahan hingga 2021 mendatang.

Kedatangannya di Etihad Stadium layaknya seorang pahlawan, ia berhasil merombak klub dengan pemain yang berkelas dan mampu menyabet beberapa gelar. Yang paling mencolok ada dua gelar Liga Inggris berhasil ia raih dalam dua musim sekaligus.

Saat ini, dirinya tengah mempersiapkan kompetisi Liga Inggris yang akan dilanjutkan kembali setelah hampir tiga bulan diberhentikan akibat penyebaran pandemi virus corona. Laga perdana akan dilaksanakan pada 17 Juni 2020 mendatang.

Sedangkan Manchester City sendiri akan menghadapi Arsenal di laga perdananya yang akan dilaksanakan pada 18 Juni 2020 pukul 02.15 WIB di Stadion Etihad kandang Citizens.