Liga Indonesia

Terkait 'Perubahan' Format Kompetisi Liga 1 2020, Ini Kata PSSI

Senin, 8 Juni 2020 12:57 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Grafis:Yanto/Indosport.com
Sebagian besar klub Liga 1 2020 mempertanyakan wacana format 'baru' kompetisi, yang akan dilanjutkan PSSI pasca vakum akibat pandemi virus corona. Copyright: © Grafis:Yanto/Indosport.com
Sebagian besar klub Liga 1 2020 mempertanyakan wacana format 'baru' kompetisi, yang akan dilanjutkan PSSI pasca vakum akibat pandemi virus corona.

INDOSPORT.COM - Sebagian besar klub Liga 1 2020 mempertanyakan format 'baru' kompetisi, yang akan dilanjutkan pasca vakum akibat pandemi virus corona. Pasalnya, PSSI mengusulkan menggelar liga tanpa degradasi dan juga dipusatkan di Pulau Jawa.

Beberapa klub seperti Persebaya Surabaya, Persib Bandung, Persita Tangerang meminta PSSI mengubah format liga, apabila ingin menerapkan hal di atas. Klub berpendapat, jika tidak ada degradasi, maka formatnya bukan liga resmi melainkan turnamen.

Menjawab hal tersebut, PSSI melalui Plt Sekjen, Yunus Nusi mengatakan hal itu belum sepenuhnya keputusan akhir. PSSI akan melakukan rapat dengan Exco dalam waktu dekat guna membahas hal itu.

Saat ini, PSSI masih mencoba berkomunikasi dengan APPI (asosiasi pemain profesional Indonesia), terkait permintaan klub agar ada perubahan kontrak pemain. Hal itu tak lepas dari kontrak jangka pendek yang biasanya disepakati.

"Mudah-mudahan cepat selsai dan tuntas urusan APPI dan klub soal kontrak. Nantinya setelah itu kami segera rapat exco untuk membahas lanjutan liga termasuk format yang digunakan," tutur Yunus.

Liga 1 2020 rencananya dilanjutkan kembali pada September atau Oktober mendatang. Ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan ingin klub memberikan kesempatan bermain bagi pemain muda sebagai persiapan menuju Piala Dunia U-20 tahun depan.

Selain Liga 1, PSSI juga akan melanjutkan Liga 2 yang tertunda setelah berjalan di pekan pertama akibat pandemi virus corona. Kompetisi kasta kedua kedua tersebut akan berlangsung dua minggu setelak kick off Liga 1.