Bursa Transfer

Incar Donny Van De Beek, Manchester United Cuma Mau Bayar Segini

Selasa, 9 Juni 2020 08:45 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
© Dean Mouhtaropoulos/Getty Images
Donny van de Beek saat melawan Benfica dalam penyisihan grup Liga Champions di Johan Cruyff Arena, 23 Oktober 2018. Dean Mouhtaropoulos/Getty Images Copyright: © Dean Mouhtaropoulos/Getty Images
Donny van de Beek saat melawan Benfica dalam penyisihan grup Liga Champions di Johan Cruyff Arena, 23 Oktober 2018. Dean Mouhtaropoulos/Getty Images

INDOSPORT.COM - Sudah bukan rahasia lagi, Manchester United menaruh minat kepada Donny van de Beek. Namun, raksasa Liga Inggris itu hanya mau menebusnya dengan harga murah.

Manchester United sempat menangguhkan rencana memboyong Donny van de Beek musim panas ini lantaran tengah fokus mengejar target utama, yakni kapten Aston Villa, Jack Grealish.

Akan tetapi, Grealish yang telah dibanderol Aston Villa dengan harga 80 juta pound (sekitar Rp1,4 triliun) membuat kubu Setan Merah berpaling dan mengalihkan minatnya lagi ke Van de Beek.

Manchester United meyakini gelandang berkebangsaan Belanda itu akan jadi pilihan yang tepat untuk direkrut. Namun, klub tidak mau gegabah mengeluarkan uang untuk membeli sang pemain.

Menurut laporan Sport Mirror, CEO Man United, Ed Woodward, hanya mau membeli Van De Beek jika Ajax Amsterdam menyetujui penawaran harga di kisaran 36 juta pounds atau Rp642 miliar.

Angka itu lebih murah dari yang diajukan Real Madrid sebelumnya untuk Van de Beek. Raksasa LaLiga Spanyol itu sepakat membayar sekitar 49 juta pound (sekitar Rp874 miliar).

Namun, Real Madrid harus mengurungkan rencana transfer ini karena menyadari mereka tengah menghadapi kerugian finansial hampir Rp2 triliun di musim ini.

Kini, pintu terbuka lebar untuk MU. Meskipun hal ini tak akan mudah terwujud karena pihak Ajax sendiri bersikeras tidak akan memberikan diskon kepada klub peminat mana pun.

Cukup mengagetkan mengingat Manchetser United punya hubungan dekat dengan CEO klub, Edwin van der Sar, yang notabene kiper andalan mereka periode 2005-2012.

“Tidak ada yang berubah. Tidak akan ada diskon 50 persen. Kalau tidak mau, klub (peminat) lebih baik mundur,” kata Van der Sar saat mengonfirmasi minat Manchester United.

Pemuda kelahiran Nijkerkerveen, Belanda, itu menjadi bagian penting dari kesuksesan Ajax dalam tiga musim terakhir. Selama berkostum merah-putih, Van de Beek telah mencetak 41 gol dan 34 assist dalam 175 penampilan di semua ajang.

Di sisi lain, Manchester United sedang berjuang untuk lolos ke Liga Champions musim depan. Mereka kini menduduki peringkat kelima klasemen Liga Inggris dengan mengumpulkan 45 poin dari 29 laga.

Dalam jadwal Liga Inggris terbaru, Manchester United akan memainkan laga pertama usai kompetisi ditunda akibat pandemi virus corona menghadapi lawan berat, yakni Tottenham Hotspur, pada Sabtu (20/6/20).