Liga Inggris

Jelang Liga Inggris, Pelatih Manchester United 'Kerasukan' Johan Cruyff

Selasa, 9 Juni 2020 10:45 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
© Simon Stacpoole/GettyImages
Ole Gunnar Solskjaer, Pelatih klub Liga Inggris, Manchester United. Copyright: © Simon Stacpoole/GettyImages
Ole Gunnar Solskjaer, Pelatih klub Liga Inggris, Manchester United.

INDOSPORT.COM - Pelatih Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer, mengakui bahwa dia sangat terinspirasi dengan metode mendiang Johan Cruyff demi mengamankan posisi empat besar saat Liga Inggris kembali bergulir.

Pelatih legendaris asal Belanda, Johan Cruyff, pernah mengatakan bahwa sepak bola adalah permainan pikiran. Kata-kata itu rupanya masih terngiang jelas di benak Solskjaer yang notabene pengagum eks bintang Ajax Amsterdam dan Barcelona tersebut.

Di sisi lain, pemain Manchester United sudah kembali ke pelatihan setelah melakukan karantina mandiri selama hampir tiga bulan akibat pandemi virus corona. Solskjaer merasa para pemainnya sudah cukup stres karena tidak bisa bermain sepak bola.

Kondisi ini bisa mengganggu performa tim ketika turnamen dilanjutkan. Solskjaer turun tangan langsung membantu para pemain untuk bangkit secara mental dengan mengajak mengobrol.

Ole Gunnar Solskjaer mengakui metode ini dilakukan dengan mengacu pada perkatakan Cruyff bahwa kesehatan mental para pemain sama pentingnya dengan skill mengolah si kulit bundar.

“Saya penggemar berat Johan Cruyff. Putranya, Jordi, yang bermain untuk Manchester United, adalah sahabat saya. Saya merasa terhormat bisa bertemu dengan Cruyff beberapa kali,” kata Solskjaer dilansir dari Sun Sport.

“Dia mengatakan sepak bola 90 persen di kepala dan 10 persen di kaki. Jika kesehatan mental Anda tidak baik, Anda juga tidak bisa bermain dengan baik. Saya suka metode ini," cetusnya.

"Saya mengobrol dengan para pemain soal keterampilan mereka, bagaimana kehidupan mereka, bagaimana keluarga mereka selama karantina, apa yang Anda makan, apakah Anda memasak,” lanjutnya.

Solskjaer meyakini bahwa cara-cara sederhana ini justru bisa membuat para pemain merasa dihargai dan klub sangat peduli dengan kehidupan mereka. Hal ini bisa membuat mereka bahagia secara mental sehingga mereka bisa tampil baik.

Manchester United saat ini sedang berjuang untuk lolos ke Liga Champions musim depan. Mereka kini menduduki peringkat kelima klasemen sementara Liga Inggris dengan perolehan 45 poin dari 29 laga.

Di jadwal Liga Inggris terbaru, Manchester United akan memainkan laga pertama usai kompetisi ditunda akibat pandemi virus corona menghadapi lawan berat, yakni Tottenham Hotspur, pada Sabtu (20/6/20).