Liga Inggris

Starting XI Pemain yang Tak Diinginkan: Dream Team Newcastle United?

Selasa, 9 Juni 2020 13:00 WIB
Editor: Yohanes Ishak
© Grafis: Yanto/INDOSPORT
Starting XI Pemain yang Tak Diinginkan di musim 2020-2021. Copyright: © Grafis: Yanto/INDOSPORT
Starting XI Pemain yang Tak Diinginkan di musim 2020-2021.

INDOSPORT.COM – Pandemi virus corona tampaknya menjadi salah satu alasan mengapa Pangeran Mohammad bin Salman masih belum resmi memiliki klub Liga Inggris, Newcastle United.

Wajar karena tentunya negosiasi yang dilakukan harus jelas dan sama-sama menguntungkan berbagai pihak hingga kesepakatan pun bisa terjalin dengan baik.

Di sisi lain, sejumlah pemain berlabel bintang pun sudah banyak yang dikaitkan dengan Newcastle United.

Beredar laporan dari The Sun, jika nantinya resmi dimiliki oleh Pangeran Salman, maka Newcastle United memiliki modal besar, yakni senilai 300 juta poundsterling atau lebih dari 5 triliun rupiah.

Artinya, klub berjuluk The Toon Army itu bisa mendatangkan banyak pemain berlabel bintang pada era baru dalam sejarah klub mereka.

Menariknya, sejumlah pemain dari klub elite Eropa juga banyak yang bakal dilepas oleh masing-masing tim dengan berbagai alasan.

© Bernd von Jutrczenka/GettyImages
Calon Pemilik Klub Liga Inggris, Newcastle United, Mohammad bin Salman. Copyright: Bernd von Jutrczenka/GettyImagesCalon Pemilik Klub Liga Inggris, Newcastle United, Mohammad bin Salman.

Ada yang ingin meremajakan klub, mendapatkan dana segar, sang pemain memang tak dibutuhkan, dan masih banyak lagi.

Uniknya lagi, pemain yang bakal dilepas atau tak diinginkan ini juga memiliki label bintang sehingga bisa dijadikan dalam satu klub dan bukan tak mungkin jika berhasil direkrut maka Newcastle United bisa memiliki tim impian.

Siapa sajakah mereka? Berikut ulasannya:

Kiper

Dimulai dari lini paling belakang di sektor kiper, posisi ini ditempati oleh kiper utama Chelsea, Kepa Arrizabalaga.

Memang cukup terdengar aneh, mengingat The Blues menjadikan kiper ber-KTP Spanyol ini sebagai kiper termahal di dunia dan beberapa pekan lalu juga mereka menyebut jika Kepa masih diberikan kesempatan meski di sepanjang paruh musim 2019-2020 dirinya tampil kurang konsisten.

Walau ingin diberikan kesempatan, namun pada kenyataannya Chelsea juga masih sering dikaitkan dengan target kiper baru, mulai dari kiper Ajax Amsterdam, Andre Onana, kiper Borussia Dortmund, Roman Burki, kiper Trabzonspor, Ugurkan Cakir, dan kiper Valencia, Jasper Cillessen.

© Twitter@hanifarridho22
Kepa Arrizabalaga, kiper Chelsea. Copyright: Twitter@hanifarridho22Kepa Arrizabalaga, kiper klub Liga Inggris, Chelsea.

Dengan kata lain, The Blues bakal menjadikan Kepa Arrizabalaga sebagai kiper kedua atau mereka bakal melepasnya dengan harga yang pastinya cukup tinggi.

Artinya, mantan kiper Athletic Bilbao ini juga keberadaannya tidak terlalu diinginkan oleh pelatih sekaligus legenda Chelsea, Frank Lampard.

Dengan demikian, Newcastle United pun bisa merekrutnya sebagai kiper utama mereka dalam starting line-up.

Bek

Posisi bek kiri masih ditempati oleh pemain Chelsea, yakni Marcos Alonso. Kompatriot Kepa di Spanyol ini juga tak mauk dalam rencana Lampard sehingga Alonso juga masuk dalam daftar jual tim London Biru.

Sejauh ini, Marcos Alonso sempat diminati oleh klub Serie A Italia, Inter Milan yang notabene keinginan dari pelatih mereka, Antonio Conte yang pernah bekerjasama dengan Alonso saat dirinya masih membesut Chelsea.

© GettyImages
Pemain Chelsea, Marcos Alonso. Copyright: GettyImagesPemain Chelsea, Marcos Alonso.

Pindah ke sisi kanan dihuni oleh pemain muda Barcelona, Nelson Semedo yang juga masuk dalam daftar jual tim besutan Quique Setien.

Bahkan, Semedo sering dijadikan opsi tukar dalam setiap pemain yang diincar oleh Barca, misalnya seperti penggawa anyar Tottenham Hotspur, Tanguy Ndombele.

© getty images
Nelson Semedo. Copyright: getty imagesNelson Semedo, bek kanan Barcelona.

Beralih ke posisi bek tengah, di sini nantinya ditempati oleh kapten PSG, Thiago Silva yang sempat dikabarkan bersitegang dengan jajaran manajemen klubnya.

Thiago Silva juga sempat dikabarkan bakal kembali ke klub yang melambungkan namanya, AC Milan namun sejauh ini belum ada informasi terbaru tentang ketertarikan Rossoneri terhadap bek asal Brasil tersebut.

© TF-Images / Getty Images
Thiago Silva, bek tengah sekaligus kapten PSG. Copyright: TF-Images / Getty ImagesThiago Silva, bek tengah sekaligus kapten PSG.

Meski telah termakan usia, namun gaya bermain Thiago Silva yang agresif, kuat dalam duel udara serta memiliki jiwa kepemimpinan yang baik, jelas membuat dirinya cocok untuk mengawal lini pertahanan Newcastle United dengan ban kapten di lengannya.

Tandem Thiago Silva nantinya adalah bek tengah Manchester City, John Stones. Pemain asli Inggris ini awalnya menjadi pilihan utama bagi Pep Guardiola, namun karena kerap cedera membuat mantan pemain Everton ini masuk dalam daftar jual The Cityzens.

© OLI SCARFF/AFP/Getty Images
Bek tengah Man City, John Stones. Copyright: OLI SCARFF/AFP/Getty ImagesBek tengah Man City, John Stones.

Kendati demikian, jika berada dalam kondisi yang prima jelas permainan John Stones dapat membuat penyerang tim lawan manapun harus bekerja keras.

Cadangan: Emerson (Chelsea), Joao Cancelo (Manchester City), David Luiz (Arsenal), Dejan Lovren (Liverpool), Daniele Rugani (Juventus)