Liga Indonesia

Indonesia Ikuti Jejak Liga Eropa, Ini Respons Pelatih Brasil

Rabu, 10 Juni 2020 21:41 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Nofik Lukman/INDOSPORT
Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco, saat memberikan instruksi pada Haudi Abdillah dan para pemain Bali United. Copyright: © Nofik Lukman/INDOSPORT
Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco, saat memberikan instruksi pada Haudi Abdillah dan para pemain Bali United.

INDOSPORT.COM - Kompetisi Liga 1 2021 akan bertambah menjadi 20 klub andai kompetisi musim ini jadi dilanjutkan. Ada dua pendatang dari Liga 2 yang akan menambah persaingan musim depan.

PSSI punya opsi melanjutkan kompetisi musim ini tanpa degradasi. Baik tim Liga 1 dan Liga 2 akan bebas dari jerat degradasi, sekali pun menghuni dasar klasemen.

Namun, keuntungan tetap diberikan pada klub Liga 2. Ada dua tim yang berhak promosi ke Liga 1 2021. Dengan begitu, jumlah kontestan musim depan bertambah dari biasanya 18 tim menjadi 20 tim.

Andai terealisasi, Liga 1 akan menyamai Liga Inggris. Selama bertahun-tahun jumlah peserta kompetisi teratas Liga Inggris 20 tim. Hal sama juga terjadi di Italia, Spanyol hingga Perancis.

Terkait hal itu, pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco memberikan respons. Baginya, jumlah peserta 18 atau pun 20 klub sama saja. Kompetisi Indonesia tetap kompetitif.

"Tidak masalah main 20 tim di Liga 1," ucap Teco.

Saat ini, seluruh klub masih menanti PSSI soal kapan lanjutan Liga 1 dan Liga 2 dimulai. PSSI masih berdiskusi dengan asosiasi pemain (APPI) serta asosiasi pelatih (APSSI).