Liga Indonesia

Cerita Gelandang PSM Rizky Pellu saat Timba Ilmu di Uruguay

Kamis, 11 Juni 2020 21:47 WIB
Penulis: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Gelandang klub Liga 1 PSM Makassar, Rizky Pellu, mempelajari hal lain selama mengikuti program Sociedad Anonima Deportiva (SAD) Indonesia di Uruguay.

SAD Indonesia merupakan program yang dibentuk oleh PSSI dengan mengirim pesepak bola berusia di bawah 17 tahun untuk berlatih dan berkompetisi di Uruguay.

Pellu sendiri bergabung ke skuat SAD Indonesia pada tahun 2008 hingga 2011 selepas memperkuat Timnas Indonesia diajang Piala Asia U-16 di Uzbekistan.

Selain sepak bola, Pellu juga memepelajari banyak hal selama hidup di negara penyerang klub FC Barcelona, Luis Suarez, salah satunya ialah bahasa latin.

Bahasa tentu saja menjadi faktor utama bagi setiap orang yang menjalani hidup di negara lain untuk memudahkan proses adaptasi di lingkungan baru tersebut.

"Uruguay kan negara latin dan rata-rata semuanya pakai bahasa Spanyol. Jadi kami berlatih sepak bola sambil belajar bahasa Spanyol juga," ungkap Pellu beberapa waktu lalu.

Rupanya, ilmu tersebut sangat bermanfaat bagi pesepak bola PSM Makassar berusia 27 tahun ini sebab menjadi nilai plus ketika memiliki rekan setim yang berasal dari Amerika Latin.

"Kalau mendengarkan orang berbicara saya bisa mengerti juga tapi untuk diucapkan tidak terlalu lancar. Tapu setidaknya saya mudah berkomunikasi dengan pemain asing seperti Giancarlo," tutur ia.

Rizky Pellu menjadi satu dari sekian banyak jebolan SAD Indonesia yang masih eksis berkecimpung di dunia sepak bola nasional bersama Alfin Tuasalamony, Manahati Lestusen, dan lain-lain.