Liga Indonesia

Subur di PSM, Rizky Pellu Akui Lebih Nyaman Jadi Gelandang Bertahan

Sabtu, 6 Juni 2020 14:05 WIB
Penulis: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Indra Citra Sena
© Media PSM Makassar
Gelandang klub Liga 1 PSM Makassar, Rizky Pellu mengelabui Irfan Jaya. Copyright: © Media PSM Makassar
Gelandang klub Liga 1 PSM Makassar, Rizky Pellu mengelabui Irfan Jaya.

INDOSPORT.COM - Rizky Pellu mengaku lebih nyaman menjadi gelandang bertahan sekalipun sangat subur bersama klub Liga 1, PSM Makassar.

Sejak 2017, Pellu telah bermain sebanyak 105 kali di semua kompetisi resmi yang diikuti oleh PSM dengan sumbangsih 16 gol plus sembilan assist.

Terkhusus dua edisi Liga 1 terakhir (2019 dan 2018), gelandang asal Tulehu, Maluku, ini bahkan sangat konsisten dalam hal mencetak gol, yakni enam kali setiap musimnya.

Meski terbilang sebagai gelandang subur, Pellu nyatanya lebih nyaman jika diberikan peran sebagai gelandang bertahan. Sebuah posisi yang telah dijalankannya sejak level junior.

"Sebenarnya posisi asli saya gelandang bertahan, lebih nyaman juga bermain di posisi itu," ungkap Rizky Pellu dalam sebuah sharing session bersama salah satu sponsor PSM beberapa waktu lalu.

Meski demikian, eks Pelita Bandung Raya dan Mitra Kukar ini tak keberatan jika diplot sebagai gelandang serang, posisi yang sering dimainkan oleh Wiljan Pluim di PSM.

"Kalau memang dimainkan lebih ke depan, saya juga bisa. Jadi yang penting masih sebagai gelandang biar tetap bisa ikut menyerang dan bertahan juga," tutur Rizky Pellu.

Sekadar informasi, Rizky Pellu seringkali dimainkan sebagai gelandang box to box dalam skema 4-3-3 oleh dua pelatih PSM Makassar sebelumnya, yakni Robert Rene Alberts dan Darije Kalezic.

Sementara di era Bojan Hodak saat ini yang menggunakan formasi 4-4-2, Pellu dimainkan lebih ke belakang untuk silih berganti menjadi double pivot bersama Ahmad Agung ataupun Muhammad Arfan.