Liga Indonesia

Jarang Dipakai di Indonesia, Ini Arti Nomor Punggung 41 Irfan Jaya

Kamis, 11 Juni 2020 22:35 WIB
Penulis: Alfia Nurul Fadilla | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Pemain klub Liga 1 2020, Persebaya Surabaya, Irfan Jaya, menceritakan makna di balik nomor 41 yang dipakainya. Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Pemain klub Liga 1 2020, Persebaya Surabaya, Irfan Jaya, menceritakan makna di balik nomor 41 yang dipakainya.

INDOSPORT.COM - Pemain klub Liga 1 2020, Persebaya Surabaya, Irfan Jaya, membuka cerita soal nomor punggungnya yang bertuliskan angka 41.

Nomor punggung pemain sepak bola biasanya memiliki arti sendiri bagi yang memakainya. Dari mulai angka favorit, tanggal lahir, sampai cerita-cerita unik di balik angka yang selalu dipakai saat bermain di lapangan hijau.

Tak terkecuali bagi Irfan Jaya, penyerang Persebaya Surabaya ini rupanya memiliki kisah sendiri di balik nomor punggung 41 yang dipakainya. Menurut Irfan, nomor ini jarang dipakai oleh pesepak bola di Indonesia.

“Awalnya jarang ada yang pakai nomor punggung 41 di Indonesia, cuma ada Dendi Santoso. Pada waktu itu orang tua juga bilang kalo 41 itu 4 kan bahasa daerahnya Appa’ kalau 1 itu Se’re jadi Appa’ Se’re itu kan artinya mempersatukan,” tutur Irfan Jaya di podcast Hamka Hamzah.

Nomor punggung 41 tersebut sudah dipakai oleh pemain kelahiran 1 Mei 1996 ini sejak membela PSM U-21. Sayang, saat membela Timnas Indonesia di ajang Asian Games 2018 lalu, nomor tersebut tak bisa dipakai.

Nomor punggung di Timnas dibatasi dengan jumlah pemain dalam skuat atau kurang lebih sebanyak 23 saja. Namun dalam beberapa kesempatan ada juga pemain yang menggunakan nomor selain itu.