Liga Indonesia

Pemain Senior PSM, Zulkifli Syukur Kenang Jersey Pertamanya

Kamis, 11 Juni 2020 14:49 WIB
Penulis: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Adriyan Adirizky/INDOSPORT
Pemain senior klub Liga 1 PSM Makassar, Zulkifli Syukur, mengenang jersey pertamanya dan menceritakan sejarah untuk memiliki barang tersebut. Copyright: © Adriyan Adirizky/INDOSPORT
Pemain senior klub Liga 1 PSM Makassar, Zulkifli Syukur, mengenang jersey pertamanya dan menceritakan sejarah untuk memiliki barang tersebut.

INDOSPORT.COM - Pemain senior klub Liga 1 PSM Makassar, Zulkifli Syukur, mengenang jersey pertamanya dan menceritakan sejarah untuk memiliki barang tersebut.

Pesepak bola kelahiran 3 Mei 1984 ini mendapatkan jersey pertamanya kala menjadi murid dalam sebuah sekolah sepak bola (SSB) yang ada di Kota Makassar.

"Jersey pertama itu Juventus dan saya beli waktu masih SSB dulu. Dulu saya memang pengidola Juventus tapi sekarang dukung As Roma," ungkap Zulkifli beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut, pesepak bola berusia 36 tahun ini mengaku harus bekerja serabutan agar bisa mengumpulkan uang untuk membeli jersey Juventus tersebut.

"Dari SD, alhamudillah saya sudah bisa hidup mandiri tanpa bantuan orang tua. Dulu saya memang kerja serabutan membantu orang tua untuk biaya sekolah, membeli sepatu bola, dan baju," kenang Zulkifli.

Rupanya, jersey pertama tersebut membawa berkah sebab saat ini Zulkifli merupakan salah satu bek sayap kanan terbaik yang pernah dimiliki oleh Timnas Indonesia.

Selain itu, Zulkifli juga merupakan salah satu pemain dengan mental juara dengan raihan trofi Indonesia Super League (ISL) 2009/10 bersama Arema Malang.

Zulkifli juga menyabet Piala Jenderal Sudirman 2015 bersama Mitra Kukar dan terkini membawa PSM Makassar menjadi kampiun Piala Indonesia 2018/19.