Liga Indonesia

Jika Liga Lanjut, Persipura Ingin PT LIB & PSSI Tetap Mengacu Regulasi

Jumat, 12 Juni 2020 10:12 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Lanjar Wiratri
© infopersipura.com
Manajemen Persipura Jayapura menginginkan PT LIB dan juga PSSI tetap berpedoman pada regulasi jika seandainya kompetisi sepak bola Indonesia kembali dilanjutkan tahun ini. Copyright: © infopersipura.com
Manajemen Persipura Jayapura menginginkan PT LIB dan juga PSSI tetap berpedoman pada regulasi jika seandainya kompetisi sepak bola Indonesia kembali dilanjutkan tahun ini.

INDOSPORT.COM - Manajemen Persipura Jayapura menginginkan PT LIB dan juga PSSI tetap berpedoman pada regulasi jika seandainya kompetisi sepak bola Indonesia kembali dilanjutkan tahun ini.

Sekretaris Umum Persipura, Rocky Bebena, mengatakan, meskipun kompetisi kembali berlanjut, pihaknya tetap meminta PSSI dan PT LIB berpedoman pada regulasi sesuai statuta FIFA maupun PSSI.

"Kami berharap apa yang dilakukan oleh federasi (PSSI) maupun PT LIB semua mengacu pada regulasi," ujar Rocky, Jumat (12/6/20).

Pasalnya, Rocky menyebutkan jika wacana kompetisi berlanjut dengan tanpa degradasi, tak sesuai dengan statuta FIFA.
Ia mempertanyakan, apakah nantinya format tersebut disetujui oleh FIFA ataupun AFC.

"Ini kan wacana kompetisinya nanti tanpa degradasi dan esensinya agak sedikit melenceng dari isi statuta dan apakah ini nantinya akan disetujui oleh AFC ataupun FIFA? kita juga butuh kejelasan tentang itu," katanya. 

"Ada promosi tanpa degradasi, ini kan akan jadi pertanyaan bagi kita semua, walaupun memang dalam pertandingan nanti PSSI sudah menerapkan protokol Covid-19 yang sangat ketat," tambahnya.

Sebelumnya, wacana kompetisi musim ini tanpa memberlakukan degradasi di ungkapkan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan didasari atas rasa keadilan. Meskipun, kebijakan kompetisi tanpa degradasi tidak ada dalam statuta PSSI.

"Kami kasihan nanti jika ada tim yang berasal dari daerah terdampak Covid-19 dan tidak maksimal mainnya. Nanti tim tersebut turun kasta," ujar Iriawan.

Ia menjelaskan, penghapusan sistem degradasi bercermin pada Liga sepak bola Jepang yang sama-sama meniadakan sistem turun kasta bagi klub penghuni peringkat terbawah. 

Meski tak ada degradasi, PSSI tetap memberlakukan sistem promosi bagi klub Liga 2 yang keluar sebagai juara dan peringkat kedua. Apabila sistem tersebut diberlakukan maka pada kompetisi Liga 1 musim 2021 bakal diikuti 20 tim.