Liga Indonesia

Siap Lanjutkan Liga, PSSI Tiru Bundesliga Jerman untuk Protokol Kesehatan

Jumat, 12 Juni 2020 00:42 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
© pssi.org
Ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan, memastikan diterapkannya protokol kesehatan yang ketat saat  kompetisi Liga 1 dan 2 2020 dilanjutkan. Copyright: © pssi.org
Ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan, memastikan diterapkannya protokol kesehatan yang ketat saat kompetisi Liga 1 dan 2 2020 dilanjutkan.

INDOSPORT.COM - Ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan, memastikan diterapkannya protokol kesehatan yang ketat saat  kompetisi Liga 1 dan 2 2020 dilanjutkan. Federasi telah membuat buku panduan ‘Protokol Keselamatan Covid-19 untuk Penyelenggaraan Liga 1 dan Liga 2 2020’.

Menariknya, panduan tersebut meniru apa yang dilakukan di Bundesliga Jerman. Setidaknya ada tujuh protokol yang harus dijalankan klub saat kompetisi kembali bergulir pada September nanti.

"Panduan ini dirumuskan dengan kombinasi berbagai referensi dari FIFA, WHO, AFF, Kemenkes, Kemenpora dan Bundesliga. Di dalamnya terdiri dari tujuh bagian pedoman," jelas Iriawan. 

Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu menegaskan bahwa dilanjutkannya kompetisi sangat penting untuk membantu pemain terutama yang berusia muda karena akan ada Piala Dunia U-20 tahun depan di Indonesia. Selain itu, kembalinya liga juga berdampak bagi perekonomian nasional, khususnya bagi industri sepak bola.

“Dengan kembali bergulirnya liga, para pelatih, pemain, dan komponen-komponen lain di klub akan kembali mendapatkan pemasukan. Sponsor pun mengucurkan lagi dananya," ujarnya.

Akan tetapi, waktu kick off Liga 1 dan 2 belum sepenuhnya dirumuskan. PSSI masih harus mengambil suara melalui rapat Exco untuk menentukan apakah ada perubahan format atau regulasi dan juga tanggal kick off.