Bola Internasional

Kick-off Piala Asia 2020 Diundur, Timnas Indonesia U-16 Diuntungkan

Sabtu, 13 Juni 2020 11:55 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© INDOSPORT/Arif Rahman
Pelatih timnas Indonesia U-16, Bima Sakti, di Stadion Sport Jabar Arcamanik. Copyright: © INDOSPORT/Arif Rahman
Pelatih timnas Indonesia U-16, Bima Sakti, di Stadion Sport Jabar Arcamanik.

INDOSPORT.COM - Konfederasi Sepak bola Asia (AFC) resmi mengubah jadwal Piala Asia U-16 2020 di Bahrain dari September ke 25 November hingga 12 Desember. Hal itu pun dinilai menguntungkan timnas Indonesia U-16 yang akan berpartisipasi di ajang tersebut.

AFC telah mengirimkan surat ke PSSI dua hari lalu. Alasan diubahnya jadwal kejuaraan tersebut adalah pertimbangan adanya pandemi virus corona yang masih berlangsung hingga kini. 

Pelatih timnas Indonesia U-16, Bima Sakti, mengatakan bahwa perubahan jadwal Piala Asia memberikan keuntungan. Mereka berkesempatan melakukan persiapan lebih lama, apalagi sejauh ini pemain hanya berlatih mandiri.

"Ada positifnya dengan mundurnya jadwal Piala Asia U-16. Saat ini, kami baru bisa melakukan latihan secara virtual karena masih dalam pandemi virus corona," kata Bima Sakti, Sabtu (13/6/20).

"Kami terus memantau kondisi para pemain dan perkembangan kapan bisa dimulai pemusatan latihan seperti biasa di atas lapangan," imbuhnya. 

Drawing Piala Asia U-16 akan tetap dilakukan pada kami (18/6/20) di Malaysia. Indonesia menempati pot 2 bersama Australia, Korea Utara, serta Oman. 

Sementara itu, untuk Piala Asia U-19 yang berlangsung di Uzbekistan, AFC memastikan tidak mengalami perubahan, yaitu tetap bergulir pada 14-31 Oktober mendatang.