Liga Indonesia

Tak Hanya Yogyakarta, PSSI Juga Bidik Magelang untuk Pertandingan Liga 1

Sabtu, 13 Juni 2020 21:48 WIB
Penulis: Alvin Syaptia Pratama | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Alvin Syaptia Pratama/INDOSPORT
Sesi latihan PSIS pada Rabu pagi di Stadion Moch Soebroto, Kota Magelang. Copyright: © Alvin Syaptia Pratama/INDOSPORT
Sesi latihan PSIS pada Rabu pagi di Stadion Moch Soebroto, Kota Magelang.

INDOSPORT.COM – PSSI berencana akan menempatkan klub-klub luar Jawa di sekitar Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) apabila Liga 1 2020 jadi dilanjutkan di Bulan September mendatang.

Wacana ini dilontarkan Komjen (Purn) Mochamad Iriawan selaku ketua umum PSSI beberapa hari yang lalu.

Klub peserta Liga 1 asal luar Pulau Jawa seperti Persiraja, Barito Putera, PSM Makassar, dan Persipura Jayapura akan difokuskan aktivitasnya di Yogyakarta. Kebetulan Moch Iriawan memiliki teman yang akan menunjang operasional klub dengan menyediakan hotel secara gratis.

Selama ini di Yogyakarta memang cukup representatif untuk pagelaran sebuah pertandingan mengingat di provinsi tersebut ada tiga stadion dengan kualitas cukup bagus seperti Maguwoharjo, Sultan Agung, dan Mandala Krida.

Tak hanya itu, di sekitar Yogyakarta juga masih ada Stadion Moch Soebroto, Magelang yang selama ini digunakan PSIS sebagai kandang di kompetisi Liga 1.

Salah satu anggota Exco PSSI, Yoyok Sukawi juga membenarkan bahwa klub-klub luar Jawa akan dipusatkan aktifitasnya di Yogyakarta dan tak menutup kemungkinan akan menggunakan Stadion Moch Soebroto karena jaraknya yang masih terjangkau.

“Itu opsi yang disiapkan sama PSSI. Baik untuk klub luar Jawa maupun klub di Jawa yang kesulitan mendapatkan izin di daerahnya, kami siapkan supaya bisa main di daerah Jogja dan Magelang,” tutur Yoyok Sukawi kepada redaksi berita olahraga INDOSPORT di Semarang, Sabtu (13/06/20).

“Untuk perizinannya akan dibantu oleh PSSI dan PT LIB (red-operator liga),” imbuh pria yang juga CEO PSIS Semarang ini.