Liga Indonesia

Persiapan Timnas U-19, Shin Tae-yong Kepincut 3 Kiper Jebolan Garuda Select

Sabtu, 13 Juni 2020 11:25 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© Abdurrahman Ranala/INDOSPORT
Kiper timnas Indonesia U-19, Ernando Ari Sutaryadi. Copyright: © Abdurrahman Ranala/INDOSPORT
Kiper timnas Indonesia U-19, Ernando Ari Sutaryadi.

INDOSPORT.COM - Sejak bulan Ramadan lalu, sebanyak 44 pemain mengikuti pemusatan latihan (TC) virtual timnas Indonesia U-19 di bawah arahan pelatih Shin Tae-yong, termasuk empat kiper muda yang berpotensi mentas di Piala Dunia U-20 2021.

Shin Tae-yong memanggil empat kiper untuk diseleksi, kemudian dipilih yang terbaik dan terlebih dahulu menjajal Piala Asia U-19 2020 sebelum benar-benar terjun di Piala Dunia U-20 tahun depan.

Menariknya, tiga dari empat kiper itu adalah pemain jebolan Garuda Select yang dipilih langsung oleh pelatih Dennis Wise dan Des Walker dalam kunjungannya ke Indonesia sekitar 2018 dan 2019.

Ernando Ari Sutaryadi dan Muhammad Rizky Sudirman adalah dua kiper yang diandalkan dalam program Garuda Select jilid I. Kini, keduanya tengah bersaing ketat untuk mendapatkan tempat di timnas Indonesia U-19.

Kemudian, ada Erlangga Setyo, wonderkid Persib Bandung U-16, yang sempat menjajal program Garuda Select jilid II, meski lebih banyak duduk di tepi lapangan lantaran sempat menderita cedera.

Erlangga Setyo menjadi satu-satunya pemain jebolan Garuda Select II yang dipanggil mengikuti seleksi dan TC virtual timnas Indonesia U-19. Secara postur, pemain setinggi 1,92 meter itu memang satu level dengan kiper muda Eropa.

Satu kiper lainnya yang disorot pelatih Shin Tae-yong meski tak pernah mengikuti program Garuda Select, yakni Muhammad Adi Satryo, wonderkid PSMS Medan. Kiper berusia 18 tahun itu menjadi satu-satunya pemain Liga 2 yang menembus dalam skuat timnas U-19.