Liga Indonesia

Apa Kabar Gustavo Chena, Eks Pemain Argentina di Persebaya

Minggu, 14 Juni 2020 19:01 WIB
Penulis: Fitra Herdian Ariestianto | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Para pencinta sepak bola Indonesia sudah pasti mengenal Gustavo Chena, mantan Persebaya Surabaya era 2006-2007. Apa kabar dirinya saat ini?

Gustavo Chena merupakan pemain asing yang sempat membela sejumlah klub Liga Indonesia. Selain Persebaya Surabaya, ia juga pernah memperkuat Persija Jakarta dan sebagainya.

Pemain asal Argentina itu mengaku sudah mulai meniti karier sebagai pelatih selama tiga tahun. Nah, karirnya sebagai pelatih itu didapatkan Gustavo Chena saat pulang ke Argentina.

"Jadi setelah saya bermain sepak bola, saya kembali ke Argentina. Saya belajar selama tiga tahun di Argentina dan sekarang sudah mendapatkan lisensi A dilanjutkan A pro sekarang sedang proses," kata Gustavo Chena saat dihubungi INDOSPORT.

Diakui Gustavo Chena, mulai geluti karier pelatih tidaklah mudah seperti saat dirinya menjadi pemain sepak bola. Bagi mantan pemain Persebaya ini, lebih enak menjadi pemain ketimbang pelatih.

"Kalau pelatih tentu saja susah, harus benar-benar belajar banyak hal. Seperti psikologi, integritas, pendidikan, cara membentuk kelompok yang baik, semi taktik dan strategi," ungkap pemain yang sudah memperkuat enam klub di Indonesia itu.

Karier Gustavo Chena sebagai pelatih seakan menjadi sangat sulit kala melatih klub junior. Tapi, itu semua tidak dijadikan sebagai alasan untuk menyerah menggeluti karir sebagai pelatih.

Justru malah sebaliknya, Gustavo Chena ingin menjawab tantangan itu meskipun diakuinya debut menjadi pelatih tidak mudah.

"Lebih kepada nervous, karena tanggung jawab dan semua mata tertuju ke pelatih," jelasnya.

Saat ini, Gustavo Chena tengah menangani salah satu klub junior u-20 di Jakarta. Meskipun masih klub junior, dirinya bertekad untuk ulet menggeluti karir sebagai pelatih sepak bola.