Liga Inggris

Jadi Pengkhianat Arsenal, Van Persie Bawa 'Petaka' untuk Eks Rekannya

Minggu, 14 Juni 2020 12:15 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Getty Images
Robin van Persie menjadi musuh publik Arsenal setelah pindah ke rival mereka di Liga Inggris, Manchester United. Copyright: © Getty Images
Robin van Persie menjadi musuh publik Arsenal setelah pindah ke rival mereka di Liga Inggris, Manchester United.

INDOSPORT.COM - Robin van Persie merasa bersalah atas tingkah lakunya bertukar jersey dengan salah satu mantan rekan setimnya, Andre Santos, di Arsenal.

Saat itu, Arsenal tengah menghadapi Manchester United pada lanjutan kompetisi Liga Inggris. Van Persie yang saat itu baru saya berseragam Setan Merah langsung bertemu dengan mantan klubnya, The Gunners.

Dalam pertandingan yang diselenggarakan di Old Trafford pada bulan November tahun 2012 itu, pemain asal Belanda tersebut langsung membobol gawang Arsenal yang juga menjadi mantan klubnya dulu sebelum bergabung ke Manchester United.

Skor 1-0 bertahan hingga turun minum, akan tetapi ada salah satu momen yang membuat para penggemar Arsenal kecewa berat kepada salah satu pemainnya saat para pemain hendak memasukin ruang ganti.

Pemain yang berposisi sebagai bek kiri, Andre Santos, menawarkan untuk bertukar jersey dengan mantan rekannya yang saat itu bermain di Manchester United, Robin van Persie, ketika keduanya masih berada di dalam lapangan.

Tak sungkan-sungkan, penyerang Timnas Belanda itu pun menerimanya. Inilah yang membuat para penggemar kecewa dengan aksi yang dilakukan Santos kepada Van Persie yang sudah dianggap sebagai pengkhianat oleh tim asal London Utara tersebut.

Van Persie pun merasa bahwa hal tersebut merupakan kesalahan fatal bagi dirinya. Seharusnya saat momen tersebut dirinya melindungi Andre Santos.

“Anda harus memikirkan konsekuensinya. Anda harus tahu jika saya melihat kembali dengan Santos saat itu, saya pikir saya harus melakukan yang lebih baik saat di sana,” kata Van Persie kepada BT Sports dilansir dari Daily Mail.

Bagaimana tidak, sudah diketahui bahwa Robin van Persie merupakan pemain Arsenal yang sudah bermain selama kurang lebih delapan tahun lamanya dan akhirnya memutuskan untuk berpaling ke rivalnya di Liga Inggris, yakni Manchester United, pada tahun 2012 silam.

Akibat aksi tukar jersey dengan Van Persie, karier Andre Santos di London Utara saat itu pun mulai goyah setelah pertandingan antara Arsenal melawan Manchester United dengan skor akhir 2-1 untuk Setan Merah.

Andre Santos tidak lagi berada di starting XI untuk pertandingan Liga Inggris berikutnya, ditambah lagi dirinya mengalami cedera perut dan akhirnya dipinjamkan ke Gremio pada Februari 2013 dan akhirnya memutuskan hengkang ke Flamingo lima bulan kemudian dengan status bebas transfer.

Saat ini, Arsenal tengah berada di posisi ke sembilan klasemen sementara Liga Inggris dengan mengumpulkan 40 poin dari 28 pertandingan yang sudah mereka jalani. The Gunners juga sedang mempersiapkan skuatnya jelang jadwal melawan Manchester City pada (18/06/20) dini hari WIB.