Liga Indonesia

Kapten Bhayangkara Komentari Wacana Liga 1 Tanpa Degradasi

Senin, 15 Juni 2020 19:27 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Kapten Bhayangkara FC, Indra Kahfi punya pendapat terkait wacana PSSI yang akan melanjutkan Liga 1 2020 tapi tanpa sistem degradasi. Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Kapten Bhayangkara FC, Indra Kahfi punya pendapat terkait wacana PSSI yang akan melanjutkan Liga 1 2020 tapi tanpa sistem degradasi.

INDOSPORT.COM - Ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan mengusulkan Liga 1 2020 tanpa degradasi, andai dilanjutkan pada September mendatang. Hal itu pun ditanggapi oleh kapten Bhayangkara FC, Indra Kahfi.

Meski usulan tersebut belum sah ditetapkan, Indra Kahfi menilai hal itu tidak menurunkan kualitas kompetisi Liga 1. Baginya, opsi tersebut jadi bahan pertimbangan PSSI berdasarkan situasi dan kondisi saat ini yang masih berkutat dengan pandemi virus corona.

"Kalau bicara kualitas sih menurut saya tetap yah, tidak menurun. Karena ini menyangkut situasi sekarang saja (pandemi jadi ada opsi tanpa degradasi), tapi semua tim tetap bisa menunjukan kualitasnya untuk memperebutkan gelar juara," ujar bek yang membawa Bhayangkara FC juara Liga 1 2017 lalu.

Selain mengusulkan opsi tanpa degradasi, ketum PSSI juga memberikan sejumlah opsi lain seperti perubahan kontrak pemain, kenaikan subsidi, pemusatan laga di Pulau Jawa, hingga hanya ada dua tim promosi dari Liga 2. Namun, semua usulan itu belum ketuk palu dan masih harus dibahas di rapat Exco.

Sambil menunggu pengumuman resmi PSSI terkait kepastian dilanjutnya Liga 1 2020, Indra Kahfi dan sejumlah rekannya di Bhayangkara FC mulai berlatih bersama di Stadion PTIK. Dalam seminggu mereka berkumpul dalam dua hingga tiga kali kesempatan untuk berlatih ringan menjaga kebugaran.

Sementara itu, manajemen dan pelatih Bhayangkara FC belum memutuskan kapan tim mulai berkumpul. Para pemain hanya diberi program latihan mandiri yang disusun oleh pelatih fisik Bhayangkara FC, Suwanda.

Pada hari Senin, pemain Bhayangkara diwajibkan berlatih kurang lebih 32 menit dengan menu, strenght (circuit training) serta dribbling zig-zag and running. Hari kedua, Indra Kahfi dan kolega harus melakukan aerobic endurance dan accuration passing dan running selama 47 menit.

Selanjutnya dari Rabu hingga Sabtu materi yang harus dijalani pemain Bhayangkara termasuk Indra Kahfi adalah maintenance conditioning and increasing technical shielding, increasing technical co. heading-speed, increasing technical drib-jug, dan increasing technical pass-reaction dengan durasi antara 30-45 menit.