Liga Indonesia

Timnas U-16 Potensi Ketemu Lawan Kuat, Bima Sakti Tak Gentar

Senin, 15 Juni 2020 14:38 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© PSSI
Bima Sakti mengaku Timnas Indonesia U-16 sudah siap menghadapi lawan-lawan yang akan ditemui di ajang Piala Asia U-16 2020. Copyright: © PSSI
Bima Sakti mengaku Timnas Indonesia U-16 sudah siap menghadapi lawan-lawan yang akan ditemui di ajang Piala Asia U-16 2020.

INDOSPORT.COM - Drawing Piala Asia U-16 2020 akan dilakukan 18 Juni mendatang di Malaysia. Timnas Indonesia U-16 berpotensi satu grup dengan tim kuat di kejuaraan kelompok usia dua tahunan tersebut.

Saat ini, Timnas Indonesia U-16 tergabung di pot 2 bersama Australia, Korea Utara, dan Oman. Ada 4 pot drawing di Piala Asia U-16 2020 dan skuat asuhan Bima Sakti bisa saja bertemu salah satu tim kuat dari Pot 1, Pot 3, dan Pot 4.

Di Pot 4 ada China, Uzbekistan, Qatar, dan Uni Emirat Arab (UEA). Pot 1 diisi oleh Bahrain, Jepang, Tajikistan, dan Korea Selatan, lalu Pot 3 ada India, Iran, Yaman, dan Arab Saudi.

Akan tetapi, hal itu tak membuat pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti gentar. Ia menyatakan siap menghadapi tim mana pun, serta tetap waspada sebab tim yang masuk ke babak utama adalah yang terbaik.

"Iya saya berharap semua yang terbaik saja (saat drawing). Namun, siapa pun lawannya, kalau sudah lolos di Piala Asia pasti tim yang bagus," ujar Bima Sakti.

Sementara itu, jadwal kick off Piala Asia U-16 2020 mengalami perubahan. AFC memutuskan mengundur turnamen dari September ke 25 November hingga 12 Desember.

Perubahan jadwal itu dinilai menguntungkan Timnas Indonesia U-16. Bima Sakti menyatakan, timnya bisa punya lebih banyak waktu untuk melakukan persiapan, apalagi belakangan pemain hanya berlatih mandiri akibat pandemi virus corona.

Skuad Timnas Indonesia U-16 lolos ke babak utama Piala Asia U-16 2020 setelah sebelumnya tampil sebagai runner-up Grup G babak kualifikasi yang berlangsung di Indonesia.

Mereka hanya kalah selisih gol dari Cina, yang keluar sebagai juara grup dengan koleksi 10 poin, sama dengan Indonesia.