Liga Indonesia

Barito Putera Jadi Idaman Pemain Jebolan Timnas U-16

Jumat, 12 Juni 2020 10:39 WIB
Penulis: Martini | Editor: Lanjar Wiratri
© Shintya Anya Maharani/INDOSPORT
Brylian Negietha Dwiki Aldama, alumni Garuda Select yang dipanggil ke Timnas Indonesia U-19. Copyright: © Shintya Anya Maharani/INDOSPORT
Brylian Negietha Dwiki Aldama, alumni Garuda Select yang dipanggil ke Timnas Indonesia U-19.

INDOSPORT.COM - Sejumlah pemain jebolan Timnas Indonesia U-16 yang sebelumnya dilatih oleh sosok Fakhri Husaini, mengaku kepincut dengan klub sepak bola Barito Putera.

Sejak kompetisi Elite Pro Academy pertama kali digelar tahun 2018 lalu, setidaknya sudah ada empat pemain jebolan Timnas U-16 yang merapat ke klub asal Kalimantan Selatan tersebut.

Mereka adalah Bagas Kaffa, Bagus Kahfi, David Maulana, dan Yudha Febrian. Hingga kini, keempat pemain itu tetap diandalkan di Timnas Indonesia U-19.

Memasuki musim Liga 1 2020, keempat pemain tersebut juga telah naik kelas ke tim senior bersama pelatih Djajang Nurdjaman, meski baru Bagas Kaffa yang sukses debut.

Dalam sebuah perbincangan antara Brylian Aldama dan David Maulana di Inggris, kedua pemain membenarkan jika pembinaan usia muda Barito Putera adalah yang terbaik.

Ketika Brylian Aldama bertanya pada David soal tim favoritnya di Liga Indonesia, pemain yang akrab disapa Bembeng itu tak ragu untuk menyebut nama klubnya sendiri.

"Kalau Liga 1 pasti Barito Putera, karena itu tim saya, dan itu tim kuat. Manajemennya luar biasa, untuk usia mudanya juga luar biasa, karena saya sudah pernah menjalani di sana," papar Bembeng antusias.

Bahkan, meski kini sudah mengikat kontrak dengan agensi pemain bola di Eropa, namun Brylian Aldama juga terpukau dengan upaya Barito dalam mengorbitkan pemain muda.

"Memang sih Barito benar-benar tulus lah, perhatian sama pemain mudanya. Bagas saja kemarin sudah sempat debut kan di tim senior, peluang buat pemain muda debut ke senior tuh besar," timpal Brylian.

"Saya sih menyarankan kalau memang mau ke klub, cari channel saja ke Barito," tambah Bembeng lagi.

Jika pandemi virus Corona mulai membaik, dan kompetisi sepak bola Liga 1 2020 mulai dilangsungkan kembali, David Maulana akan segera merapat ke klub untuk mengikuti TC.

David Maulana tercatat sebagai salah satu pemain promosi Barito Putera di Liga 1 2020. Namun ia belum sempat menjalani debut musim ini karena masih terjebak lockdown di Inggris.