Bola Internasional

Nasib 2 Pemain Lechia Gdansk yang Digantikan Egy Maulana Vikri, Terbuang?

Selasa, 16 Juni 2020 17:15 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Indra Citra Sena
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Mari melihat nasib terkini dua pemain Lechia Gdansk yang digantikan oleh wonderkid Indonesia, Egy Maulana Vikri, dalam sebuah pertandingan.

Jagat sepak bola Indonesia dihebohkan dengan pengumuman salah satu talenta berbakat Tanah Air, Egy Maulana Vikri, oleh salah satu klub asal Eropa.

Tim yang dimaksud bermain di Ekstraklasa (kasta tertinggi sepak bola Polandia) Lechia Gdansk. Pengumuman tersebut terjadi pada 2018.

Pemain berusia 19 tahun itu mendapat durasi kontrak dari Lechia Gdansk hingga 30 Juni 2021 mendatang dan ada opsi perpanjangan dua tahun ke depan.

Bahkan, jebolan timnas Indonesia U-19 itu diberi nomor punggung 10, bekas legenda Lechia Gdansk, Sebastian Mila, yang memilih pensiun memasuki pengujung 2017-2018.

Usai resmi bergabung, Egy Maulana belum dipercaya untuk tampil di skuat inti. Dia kerap berada di tim kedua Lechia Gdansk untuk mendapat tempaan.

Hal itu dilakukan agar wonderkid yang berposisi sebagai winger kanan ini bisa beradaptasi lebih dulu dengan kultur sepak bola Polandia dan lain sebagainya.

Dalam sejumlah kesempatan edisi 2018-2019, Egy sempat masuk dalam daftar susunan pemain cadangan Lechia Gdansk, meski pada akhirnya tak bermain.

Tibalah pada akhirnya anak didik kesayangan pelatih Indra Sjafri itu dipercaya tampil bersama Lechia Gdansk di pentas Ekstraklasa, 22 Desember 2018.

Egy Maulana Vikri diturunkan oleh juru taktik Piotr Stokowiec pada menit ke-82 menggantikan Lukas Haraslin. Saat itu Lechia Gdansk menang 4-0 atas Gornik Zabrze.

Dalam debut itu Egy Maulana tak bisa berbuat banyak, tapi sudah cukup bagus bagi seorang wonderkid untuk mengetahui medan pertandingan.

Setelah itu, pemain berpostur 168 cm itu kembali tampil untuk Lechia Gdansk pada pekan ke-37 kala bersua Jagiellonia Bialystok, 19 Mei 2019.

Bialystok digantikan oleh Egy Maulana ialah Michal Mak, tepatnya pada menit ke-88. Laga tersebut pun berakhir 2-0 untuk kemenangan Lechia Gdansk.

Terkait hal tersebut ada sebuah fakta menarik yang bisa ditelisik bersama oleh para penggemar sepak bola nasional akan pemain yang digantikan Egy Maulana Vikri.

Sebab kiprah Michal Mak dan Lukas Haraslin bersama Lechia Gdansk diketahui telah usai edisi 2018-2019. Lantas bagaimana kabar mereka sekarang?

Michal Mak

© NurPhoto via Getty Images
Eks Lechia Gdansk Michal Mak (Polandia). Copyright: NurPhoto via Getty ImagesEks Lechia Gdansk Michal Mak (Polandia).

Winger kanan kelahiran Polandia Michal Mak merupakan pemain Lechia Gdansk sejak 2015. Namun, masa baktinya tak diperpanjang pada 2018 dan dilepas secara gratis.

Padahal, bersama Lechia Gdansk, Michal Mak sudah membuat 52 penampilan, 10 gol, dan tiga assist, serta meraih gelar juara Polish Cup 2018-2019.

Usai tak diperpanjang, Michal Mak berlabuh ke Wisla Krakow dan dikontrak selama semusim saja (habis 30 Juni 2020). Namun, bisa saja diperpanjang ke depannya.

Bersama Wisla Krakow, pemain yang digantikan Egy Maulana Vikri ini sudah membuat 22 penampilan, dua gol, dan dua asis di semua ajang musim ini.