Bola Internasional

Paten, Penelitian Ilmiah Buktikan Messi 2 Kali Lebih Hebat dari Ronaldo

Selasa, 16 Juni 2020 20:11 WIB
Penulis: Arif Budi Setyanto | Editor: Indra Citra Sena
© Grafis:Ynt/Indosport.com
Cristiano Ronaldo vs Lionel Messi. Copyright: © Grafis:Ynt/Indosport.com
Cristiano Ronaldo vs Lionel Messi.

INDOSPORT.COM - Sebuah penelitan terbaru membuktikan bahwa Lionel Messi dua kali lipat lebih hebat ketimbang rival abadinya, Cristiano Ronaldo.

Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo merupakan dua nama yang sering dibandingkan kehebatannya. Hal tersebut lumrah karena kedua pemain sepak bola itu punya deretan prestasi mentereng.

Salah satu buktinya, keduanya mengoleksi 11 penghargaan pemain terbaik dunia Ballon d'Or. Messi punya enam trofi, sementara Ronaldo lima trofi. Namun, tetap saja masih banyak perdebatan terkait kualitas dua megabintang ini.

Dilansir Ibtimes.com, ada sebuah penelitian dari SciSports yang bekerja sama dengan Universitas KU Leuven di Belgia, berusaha membuktikan siapa paling hebat di antara dua pesepak bola berjulukan Greatest of All Time (GOAT) atau terbaik sepanjang masa.

Penelitian ini dibuat menggunakan periode 2013-2018. Penilaian yang dibuat ditentukan lewat aksi pemain seperti umpan, drible, tekel, dan unsur-unsur dalam pertandingan.

"Nilai pesepak bola sering ditentukan lewat gol dan assist. Namun, gol merupakan peristiwa yang jarang terjadi karena rata-rata 1.600 aksi terjadi dalam pertandingan. Sistem kami melihat aksi pemain seperti tembakan, umpan, drible dan tekel," ucap Jesse Davis profesor yang terlibat dalam penelitian.

Aksi-aksi Messi dan Ronaldo tersebut kemudian dihitung menjadi nilai yang disebut Valuing Actions by Estimating Probabilities (VAEP). Hasil penghitungannya, Lionel Messi ternyata lebih hebat ketimbang Cristiano Ronaldo.

Messi sendiri mendapatkan VAEP sebesar 1,21 per pertandingan, sementara Ronaldo jauh di bawanya pada angka 0,61 per pertandingan saja.

Oleh sebab itu, melihat hasil nilai VAEP tersebut diketahui bahwa Lionel Messi dua kali lebih hebat ketimbang Cristiano Ronaldo.