Bola Internasional

Soal Nasibnya di Malaysia, Ini Penjelasan Lugas Kurniawan Dwi Yulianto

Selasa, 16 Juni 2020 17:55 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Pelatih klub Liga Super Malaysia, Sabah FA, asal Indonesia, Kurniawan Dwi Yulianto, mengatakan bahwa kompetisi negeri jiran akan dilanjutkan pada September mendatang. 

Hal itu sama persis dengan rencana PSSI untuk menggulirkan kembali Liga 1 2020 setelah vakum sementara akibat pandemi virus corona di Tanah Air.

Belakangan, klub-klub Liga Malaysia sedang menunggu persetujuan dari Majelis Keselamatan Negara soal usulan melanjutkan kompetisi. Sebuah kabar yang cukup membuat lega Kurniawan.

"Kami masih menunggu arahan dari federasi (FAM) dan badan liga (MFL) yang rencananya akan mengajukan permohonan kembali untuk meneruskan liga ke Majelis Keselamatan Negara," kata Kurniawan Dwi Yulianto, Selasa (16/6/20). 

"Apabila disetujui, liga dilanjutkan dan Insha Allah liga akan lanjut bulan September dan mulai latihan normal bulan Agustus," cetusnya.

Lebih lanjut, Kurniawan menjelaskan, Liga Malaysia juga menerapkan opsi potong gaji bagi pemain dan pelatih selama kompetisi vakum. Hanya saja, besaran pemotongan tidak separah di Indonesia atau hanya maksimal 30 persen.

"Tapi pemotongan gaji akan gugur kalau mulai latihan normal lagi. Itu hanya berlaku ketika latihan dilakukan di rumah masing-masing," tukas pelatih yang akrab disapa Si Kurus.

Kurniawan Dwi Yulianto menjabat pelatih Sabah FA pada musim ini, pasca memastikan promosi dari kasta kedua. Mereka telah menjalani empat laga di Liga Super Malaysia dan bertengger di peringkat keempat klasemen sementara berkat raihan lima poin.