Liga Indonesia

Timpang Jauh, Ini Ranking Dunia Arema FC dan Eks Klub Pemain Papua-Jerman

Selasa, 16 Juni 2020 21:05 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Indra Citra Sena
© INDOSPORT
Berikut perbandingan ranking dunia Arema FC dan Canterbury United, eks klub pemain Papua Nugini-Jerman, Felix Komolong, yang timpang teramat jauh. Copyright: © INDOSPORT
Berikut perbandingan ranking dunia Arema FC dan Canterbury United, eks klub pemain Papua Nugini-Jerman, Felix Komolong, yang timpang teramat jauh.

INDOSPORT.COM - Berikut perbandingan ranking dunia jawara Piala Presiden 2019 Arema FC dengan Canterbury United, eks klub pemain Papua Nugini-Jerman Felix Komolong, yang timpang teramat jauh.

Belakangan, Felix Komolong menjadi buah bibir penggila sepak bola nasional karena dirumorkan agar bisa digaet oleh peserta Liga 1 semacam Arema FC.

Padahal, pemain kelahiran 6 Maret 1997 ini sudah dikontrak klub asal Papua Nugini, Lae City, meski tak diketahui durasi masa baktinya.

Menurut data yang disajikan oleh laman penyedia statistik pemain sepak bola internasional Transfermarkt, Felix Komolong memiliki paspor Papua Nugini-Jerman.

Dari data yang dihimpun, pemain berusia 23 tahun ini punya keluarga yang tinggal di Hutten, Schleswig-Holstein, Jerman dan sempat menetap di sana.

Hal tersebut menjadi dugaan bagaimana bek berpostur 1,85 meter itu bisa memiliki status warga negara Jerman. Tetapi belum bisa dipastikan secara detail.

Selain berkarier di kompetisi Papua Nugini, anak dari Birte dan Miok Komolong ini juga sempat membela klub luar negeri, tepatnya Liga New Zealand.

Pada 2016-2017, Felix Komolong dikontrak Canterbury United. Total ia bermain sebanyak 16 kali dengan perincian lima kemenangan, enam imbang, dan empat kekalahan.

Sebagian besar Felix Komolong bermain selama 90 menit penuh, namun hal tersebut tak membuat kontrak pemain kelahiran Lae, Papua Nugini, ini diperpanjang.

Ada satu hal menarik yang bisa ditelisik bersama oleh para penggila sepak bola nasional akan kiprah pemain blasteran Papuni Nugini-Jerman ini.

Sebab jika dibandingkan dengan jawara Piala Presiden 2017 Arema FC, posisi tim New Zealand Canterbury United masih jauh di bawah Singo Edan.

Tak percaya? Hal ini bisa dilihat lewat laman Football Database terkini, 14 Juni 2020, di mana dua klub beda benua ini begitu timpang.

Arema FC menduduki ranking dunia ke-962 dengan perolehan 1.346 poin. Posisinya masih satu tingkat di bawah klub Nigeria, Giwa FC.

Bergeser ke eks klub Felix, Canterbury United, sekarang menduduki ranking dunia ke-1.032 usai mengoleksi 1.338 poin dan masih bisa berubah ke depannya.

Artinya posisi dunia Arema FC dan Canterbury United terpaut jauh alias timpang sebanyak 61 peringkat untuk saat ini atau sementara waktu.