Liga Indonesia

Digempur Pemain Asing, Menpora Ingin PSSI Cari Solusi Orbitkan Striker Lokal

Rabu, 17 Juni 2020 16:45 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Sudjarwo/INDOSPORT
Menpora Zainudin Amali berharap PSSI bisa mencari solusi untuk mendorong jumlah striker lokal di tengah gempuran para pemain asing. Copyright: © Sudjarwo/INDOSPORT
Menpora Zainudin Amali berharap PSSI bisa mencari solusi untuk mendorong jumlah striker lokal di tengah gempuran para pemain asing.

INDOSPORT.COM - Menpora Zainudin Amali cukup menyayangkan akan tenggelamnya striker lokal Indonesia dari serbuan striker asing di kancah Liga 1.

Tak pelak, Menpora pun ingin PSSI selaku induk tertinggi sepak bola Indonesia mencari solusi terkait permasalahan tersebut.

"Saya melihat atau berdasarkan pengamatan saya, harus sampaikan sangat susah kita mencari pemain depan kita. Karena rata-rata klub lebih mempercayakan pemain depan ke pemain asing," ujar Zainudin Amali dalam rapat virtual bertajuk Kongkow Liga Berjenjang Kemenpora.

Kini terkait hal ini, Menpora Zainudin Amali pun memberikan masukan kepada PSSI, di mana nantinya ia ingin pemain lokal Indonesia harus menjadi pemain inti baik di Liga 1, Liga 2, dan Liga 3.

"Ke depan harus kita atur, pemain kita harus jadi pemain inti baik Liga 1, Liga 2, dan Liga 3, di luar itu (pemain asing) untuk transfer pengetahuan mereka supaya profesionalisme anak-anak kita terpacu," saran Menpora.

Memang bila berkaca dari beberapa tahun terakhir, dominasi striker lokal tenggelam dengan hadirnya striker asing. Bahkan, striker berhasil merajai puncak pencetak gol terbanyak.

Terakhir, striker lokal yang berhasil pencetak gol terbanyak ada pada tahun 2013, yakni striker Persipura Jayapura, Boaz Solossa, dengan 25 gol.