Bola Internasional

Piala Asia U-19 2020: Cerita Manis Uzbekistan, Si Tuan Rumah dan Rival Timnas di Grup B

Kamis, 18 Juni 2020 23:05 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Mengulas kisah dan capaian manis Uzbekistan, sang tuan rumah serta rival Timnas Indonesia pada babak penyisihan grup Piala Asia U-19 2020. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Mengulas kisah dan capaian manis Uzbekistan, sang tuan rumah serta rival Timnas Indonesia pada babak penyisihan grup Piala Asia U-19 2020.

INDOSPORT.COM - Mengulas kisah dan capaian manis Uzbekistan, sang tuan rumah serta salah satu rival berat Timnas Indonesia pada babak penyisihan grup Piala Asia U-19 2020.

Hasil drawing Piala Asia U-19 2020 sendiri baru saja diumumkan pada hari ini, Kamis (18/06/20) sore WIB di mana Timnas Indonesia U-19 akan berada di Grup A bersama tiga negara lainnya.

Sebelumnya, Timnas Indonesia U-19 berhasil lolos ke fase grup Piala Asia U-19 2020 setelah menyandang status juara Grup K di babak kualifikasi. Saat itu, tim Merah-Putih selaku tuan rumah sukses mengalahkan Timor leste dan Hong Kong.

Pada partai pamungkas, Timnas Indonesia U-19 harus puas berbagi poin dengan Korea Utara. Setelah lolos dengan status juara Grup K kini waktunya Skuat Garuda Nusantara melangkah ke tahap selanjutnya yaitu fase grup.

Berdasarkan hasil drawing Piala Asia U-19 2020, diketahui bahwa Timnas Indonesia U-19 berada di Grup A bersama tim tuan rumah Uzbekistan. Selain itu, tim asuhan Shin Tae-yong tersebut juga bakal berhadapan dengan Iran dan Kamboja.

Piala Asia U-19 2020 sendiri dijadwalkan bakal berlangsung pada 14-31 Oktober mendatang. Nantinya empat negara yang lolos ke semifinal akan memperoleh tiket ke Piala Dunia U-20 2021.

Dari tiga lawan yang bakal dihadapi Timnas Indonesia di Grup A nanti, tampaknya Uzbekistan menjadi salah satu rival berat dan harus diwaspadai lantaran pengalaman mereka di kompetisi ini terbilang cukup impresif.

Selain modal tuan rumah yang bakal membuat mereka mendapat dukungan moril dari para suporter, Timnas Uzbekistan sejatinya punya cerita manis ketika tampil di gelaran Piala Asia berbagai jenjang umur.

Pada level senior misalnya. Tim berjuluk White Wolves tersebut pernah meraih peringkat empat gelaran Piala Asia tahun 2011 lalu. Sejumlah bintang Uzbekistan pun lahir pasca kompetisi yang berlangsung sembilan tahun silam tersebut.

Sebut saja nama-nama seperti Alexander Geynrikh ataupun Odil Ahmedov yang pernah memperkuat Anzhi Makhachkala di Liga Rusia, merupakan pilar penting Timnas Uzbekistan di Piala Asia 2011 kemarin.

Capaian Timnas junior mereka pun tidak kalah mentereng. Bahkan, Uzbekistan U-19 pernah hampir menjadi juara. Lantas seperti apakah kisah manis serta prestasi The Young White Wolves selama gelaran Piala Asia U 19 ini, lebih lengkapnya berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulasnya.

Profil Timnas Uzbekistan U-19
Uzbekistan sendiri merupakan salah satu negara dengan kekuatan sepak bola yang cukup berbahaya di kawasan Asia Tengah. Pada level junior (U-19), mereka sukses tujuh kali tampil di putaran final sejak 2002 silam.

Selain itu, Uzbekistan U-19 juga pernah empat kali mentas di ajang Piala Dunia U-20 dengan pencapaian terbaik hingga babak perempat final tahun 2013 dan 2015.

Pada gelaran Piala Asia U-19 nanti, Timnas Uzbekistan bakal dilatih oleh Timur Kapadze. Mantan pemain yang berhasil menghantarkan Uzbekistan senior meraih peringkat empat Piala Asia tahun 2011 lalu itu diharapkan bisa membimbing juniornya meraih hasil serupa.