Liga Indonesia

On This Day: Kalahkan Deltras, Persipura Selangkah ke Final Copa Indonesia

Jumat, 19 Juni 2020 10:17 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Sudjarwo/INDOSPORT
Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen Tiago, pernah membawa timnya menuju partai puncak Copa Indonesia 2009. Copyright: © Sudjarwo/INDOSPORT
Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen Tiago, pernah membawa timnya menuju partai puncak Copa Indonesia 2009.

INDOSPORT.COM - Tepat hari ini, 19 Juni, 11 tahun yang lalu, Persipura Jayapura membuka peluang lebar menuju laga puncak turnamen Copa Indonesia 2009, usai mengalahkan Deltras Sidoarjo di semifinal leg pertama, di Stadion Mandala.

Tim berjuluk Mutiara Hitam itu menang dengan skor 3-1 lewat gol cepat Boaz Solossa pada menit ke-5 dan menit ke-9, dan satu gol lagi yang dihasilkan oleh Beto Goncalves di babak kedua, menit ke-52. Sementara, Deltras mencuri satu gol melalui pemain asingnya, Junior.

Meski berhasil meraih kemenangan meyakinkan di semifinal leg pertama. Juru racik Persipura kala itu, Jacksen Tiago, mengaku timnya sempat kewalahan.

"Pemain belakang mereka sangat kuat sekali, begitu juga dengan penyerang mereka yang sama bagusnya," ujar Jacksen Tiago selepas laga tersebut.

Dalam pertemuan kedua di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, 23 Juni 2009, Persipura gagal merebut kemenangan setelah keduanya bermain imbang 3-3.

Namun, hasil tersebut tetap tak mengubah keunggulan agregat Persipura. Mutiara Hitam unggul dengan agregat (6-4) dan cukup mengantarkan mereka ke laga puncak atau partai final Copa Indonesia bertemu Sriwijaya FC.

Sayang, perjuangan Persipura harus kandas di laga final, dan skuat besutan Jacksen Tiago itu harus puas finis sebagai runner-up setelah menelan kekalahan dari Sriwijaya FC.