Liga Indonesia

Sambut Baik Liga 1 Dilanjutkan, Pelatih Persib Beri Saran Soal Sistem Degradasi

Selasa, 23 Juni 2020 07:37 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih tim sepak bola Persib Bandung, Robert Rene Alberts, menyambut baik keputusan PSSI yang akan melanjutkan kembali Liga 1 dan Liga 2 2020. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih tim sepak bola Persib Bandung, Robert Rene Alberts, menyambut baik keputusan PSSI yang akan melanjutkan kembali Liga 1 dan Liga 2 2020.

INDOSPORT.COM - Pelatih tim sepak bola Persib Bandung, Robert Rene Alberts, menyambut baik keputusan PSSI yang akan melanjutkan kembali Liga 1 dan Liga 2 2020 pada September atau Oktober mendatang.

Meski begitu, pelatih asal Belanda ini menilai kurang tepat jika pada Liga 1 2020, ada opsi sistem degradasi dihapuskan. Karena, menurut Robert Rene Alberts, hal itu akan membuat pertandingan menjadi kurang menarik.

Menurut Robert Rene Alberts, lebih baik dibuat opsi babak play off, sehingga tim papan bawah yang berada di zona degradasi Liga 1 bakal berhadapan dengan tim dari Liga 2, untuk memperebutkan tiket ke Liga 1 musim selanjutnya.

"Lalu, ada kabar kompetisi musim ini tanpa degradasi, seperti yang saya katakan sebelumnya, ini bukan opsi yang ada dalam opini saya," kata Robert Rene Alberts.

"Karena, akan menjadi lebih menarik jika ada kualifikasi tim degrdasi dari klub yang ada di sekitar (papan bawah). Misal empat tim terbawah di liga bertarung mungkin dengan dua tim terbaik di Liga 2, jadi enam tim akan bertarung dalam kompetisi mini untuk menentukan empat tempat yang akan didapat untuk bermain di Liga 1 musim berikutnya," jelasnya menambahkan.

Menurutnya, dengan adanya sistem degradasi, maka persaingan tim akan semakin ketat dan kualitas pertandingan tetap terjaga. Karena. setiap peserta akan berusaha menampilkan permainan terbaiknya, agar terhindar dari zona degradasi.  

"Jadi, akan menarik jika ada tim yang berusaha menghindari posisi empat terbawah dan tim dari Liga 2 juga akan berusaha menempati posisi dua besar untuk memperjuangkan tempat di Liga 1, itu yang saya tawarkan," ucap Robert Rene Alberts.

Robert Rene Alberts berharap, PSSI bisa terus menjalin komunikasi dan menerima masukan dari berbagai pihak termasuk dari pelatih, untuk kemajuan sepak bola Indonesia.

"Dan saya juga berharap suara maupun pendapat pelatih di Indonesia bisa lebih didengar. Saya rasa ini suatu hal yang perlu dilakukan karena mereka setiap hari bekerja di  lapangan dan harus ada dialog yang lebih serius. Saya pikir masukan dari pelatih juga penting dalam pengambilan keputusan yang dilakukan oleh otoritas (PSSI)," jelas Robert Rene Alberts.

Sementara itu, hingga memasuki pekan ketiga Liga 1 2020, Persib bandung masih berada di puncak klasemen dengan mengoleksi 9 poin. Hasil tersebut didapat dengan menaklukkan Persela Lamongan, Arema FC dan PSS Sleman.