Liga Inggris

Pep Guardiola Bongkar 'Borok' Manchester City Gagal Saingi Liverpool

Selasa, 23 Juni 2020 09:29 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Chris Brunskill/GettyImages
Pep Guardiola Beberkan Penyebab Man City Gagal Saingi Liverpool Copyright: © Chris Brunskill/GettyImages
Pep Guardiola Beberkan Penyebab Man City Gagal Saingi Liverpool

INDOSPORT.COM - Manajer Manchester City, Pep Guardiola mengatakan klubnya terlalu banyak kehilangan poin dan tidak bisa bersaing dengan Liverpool di Liga Inggris musim ini.

Penampilan Manchester City di musim ini tidak sebaik pada musim sebelumnya. Pada kompetisi Liga Inggris musim 2018/2019 lalu, pasukan dari Pep Guardiola mampu bermain hanya dengan mengalami empat kali kekalahan dan bisa meraih gelar juara keenam mereka.

Saat itu, The Citizens berhasil mengumpulkan 98 poin dari 38 penampilan mereka selama satu musim dan hanya berselisih dua poin dengan Liverpool yang saat itu dalam perebutan gelar juara Liga Inggris musim lalu.

Namun, penampilan Sergio Aguero dan rekan-rekannya belum bisa mengungguli Liverpool pada musim ini. Persaingan Manchester City dan Liverpool tidak berjalan menarik. The Reds selalu bermain konsisten dibanding dengan juara bertahan Liga Inggris tersebut.

Tidak konsistensinya Manchester City mengakibatkan tim besutan Pep Guardiola itu menelan hingga tujuh kekalahan di musim 2019/2020 ini. Berbeda halnya dengan Liverpool yang akan medeklarasikan gelar juara mereka yang hanya mengalami satu kali kekalahan dalam 30 penampilannya.

Banyaknya kehilangan poin bagi Manchester City ini juga diyakini oleh sang pelatih Pep Guardiola. Dirinya mengaku bahwa anak asuhnya banyak kehilangan poin dan tidak bisa menyaingi Liverpool di musim ini.

“Setelah memenangi Community Shield melawan Liverpool, kamu kehilangan poin yang mungkin tidak kami perkirakan sama sekali,” kata Guardiola dilansir dari Express.

Mantan pelatih Bacelona ini menambahkan bahwa persaingan merebut gelar juara musim depan akan lebih sulit. Banyak pesaing tak hanya dari Liverpool dan Manchester City saja, ia melihat klub seperti Manchester United, Chelsea, dan Tottenham bisa meramaikan papan atas.

“Liverpool akan tetap menjadi klub yang kuat, namun mereka akan menghadapi Chelsea yang membelanjakan pemain-pemain luar biasa musim panas nanti. Terlebih Manchester United yang telah melakukan perubahan, begitu juga Tottenham,” tambahnya.

Sementara itu, dini hari tadi, Manchester City berhasil memenangkan pertandingan melawan Burnley dengan skor yang telak, yakni 5 gol tanpa balas. Gol tersebut dicetak oleh Phil Foden menyumbang dua gol, Riyad Mahrez dua gol dan David Silva mencatatkan satu gol.

Dengan hasil tersebut, Manchester City masih sama berada di peringkat kedua klasemen sementara Liga Inggris musim 2019/2020 dengan memperoleh 63 poin dalam 30 pertandingan yang mereka jalani selama ini.

Sementara itu di posisi puncak masih dihuni oleh Liverpool dengan memperoleh 83 poin dalam 30 penampilannya. Pertandingan perdananya usai sempat vakum karena pandemi virus corona, harus berakhir dengan hasil imbang di kandang Everton.