Bola Internasional

Polemik Kepelatihan Timnas, Fakhri Husaini: Tahun Depan Saya Pensiun

Selasa, 23 Juni 2020 10:02 WIB
Penulis: Martini | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Fakhri Husaini (kanan) saat masih menjadi pelatih Timnas U-19. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Fakhri Husaini (kanan) saat masih menjadi pelatih Timnas U-19.

INDOSPORT.COM - Di tengah situasi polemik kepelatihan Timnas Indonesia, eks pelatih Timnas Indonesia U-16 dan Timnas Indonesia U-18, Fakhri Husaini justru menyatakan hal yang cukup kontroversial.

Sebagaimana ramai diperbincangkan oleh masyarakat dan media, bahwa PSSI tengah bersitegang dengan pelatih kepala Timnas Indonesia asal Korea Selatan, Shin Tae-yong.

Dalam keadaan tersebut, banyak spekulasi untuk menunjuk pelatih lokal Indonesia agar menangani Timnas, dan salah satu nama yang digaungkan adalah Fakhri Husaini.

Namun perlu diketahui pula, saat ini pelatih 54 tahun itu adalah karyawan PT Pupuk Kaltim. Bahkan kini di masa pandemi, Fakhri mengaku tetap bekerja dari rumah (WFH).

Andai ia ditunjuk untuk menukangi Timnas Indonesia, Fakhri memang akan mendapat jatah cuti dari perusahaan. Hanya saja ia menyayangkan hal tersebut, sebab dalam waktu dekat Fakhri justru akan pensiun.

"Ada regulasi cuti di luar tanggungan perusahaan, tapi buat saya ngapain ambil cuti ini, saya sebentar lagi juga sudah pensiun," ungkap Fakhri Husaini dalam sebuah perbincangan di akun Youtube.

"Jadi mungkin saya akan menikmati dulu sementara ini, sampai masa pensiun saya tiba. Tahun depan saya sudah pensiun," tambah Fakhri kepada Hanif Sjahbandi dan Rendy Juliansyah selaku host.

Setelah pensiun sebagai karyawan PT Pupuk Kaltim, Fakhri Husaini baru akan menatap karir sebagai pelatih sepak bola. Namun, hingga kini ia masih mempertimbangkan klub yang akan ia besut.

"Ada banyak rencana saya ke depan, apakah saya akan melatih? Saya melatih pun berpikir, apakah akan melatih klub liga atau tim usia muda?" tambahnya.

"Atau saya mau jadi seperti kalian juga, jadi YouTuber, bahas pemain-pemain muda yang bandelnya kayak Rendy," ucap Fakhri Husaini sembari tertawa.

Di sisi lain, sejumlah mantan anak didik Fakhri Husaini di Timnas U-16 dan U-19 akan menghadapi Piala Asia U-19 2020. Namun hingga kini pelatih Shin Tae-yong belum tiba di Indonesia untuk menggelar pemusatan latihan secara langsung.