Liga Spanyol

Real Madrid Diuntungkan Wasit? Ini Pengakuan Thibaut Courtois

Selasa, 23 Juni 2020 09:08 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Quality Sport Images/Getty Images
Thibaut Courtois buka suara soal kontroversi kemenangan Real Madrid saat lawan Real Sociedad di LaLiga Spanyol, Senin (22/06/20). Copyright: © Quality Sport Images/Getty Images
Thibaut Courtois buka suara soal kontroversi kemenangan Real Madrid saat lawan Real Sociedad di LaLiga Spanyol, Senin (22/06/20).

INDOSPORT.COM - Penjaga gawang asal Belgia, Thibaut Courtois, memberikan tanggapannya mengenai tuduhan bahwa Real Madrid diuntungkan dengan keputusan wasit dan VAR.

Thibaut Courtois sangat mendukung penuh atas keputusan untuk menganulir gol dari Adnan Januzaj saat Real Madrid berhasil unggul dengan skor 2-1 atas Real Sociedad di ajang Liga Spanyol, Senin (22/06/20). Ia mengaku tidak melihat apa pun tentang kejadian yang berkaitan dengan VAR.

Pemain Real Sociedad, Adnan Januzaj, sejatinya sempat akan membatalkan keunggulan Real Madrid yang telah tercipta melalui tendangan penalti Sergio Ramos pada awal babak kedua dalam laga tersebut.

Akan ketapi, gol Januzaj harus dianulir dengan wasit setelah rekannya, Mikel Merino, dianggap terjebak dalam posisi offside. Tak lama, Karim Benzema pun akhirnya menambahkan pundi-pundi gol bagi Los Blancos.

Gol kedua yang dicetak tetap disahkan oleh wasit dan anak asuh dari Zidane mampu meraih keunggulan tiga poin meskipun Real Sociedad berhasil memperkecil ketertinggalan melalui aksi dari Merino sebelum wasit meniupkan peluit panjangnya.

Melihat kejadian seperti itu, penjaga gawang milik Real Madrid, Thibaut Courtois, memberikan tanggapannya. Dia mengaku bahwa pandangannya sangat tidak jelas ketika gol Adnan Januzaj dianulir, ia tak melihat apa-apa.

“Ketika ia melepaskan tembakan ada tiga orang di garis saya, Merino, satu lagi dari Real dan seorang lainnya dari kami berusaha menghalau tembakan tersebut. Saya tidak melihat apa pun saat itu,” kata Courtois dilansir dari Sports Max.

Lebih lanjut dirinya merasa bahwa yang dilakukan oleh Januzaj adalah sudah berada di posisi yang offside. Courtois menambahkan bahwa keputusan yang diambil oleh wasit dengan melihat VAR adalah keputusan yang benar.

“Pada akhirnya jika tidak melihat bola dan itu melaju dengan cepat, sehingga tidak ada waktu untuk beraksi. Itu sudah masuk posisi offside. Mungkin benar atau tidak, saat itu saya tidak melihatnya. Itulah gunanya VAR dan saya pikir keputusan wasit sudah benar,” tambahnya.

Dengan kemenengan tersebut juga membuat pemain asal Belgia ini merasa senang. Sebab, lawannya saat itu adalah tim yang juga tangguh, karena mereka ingin lolos dan mengunci tiket ke pertandingan Eropa nantinya.

Saat ini, Real Madrid berada di puncak klasemen sementara LaLiga Spanyol dengan 65 poin yang diraihnya dan mampu menggeser Barcelona. Di peringkat ketiga ada Sevilla yang berhasil mengumpulkan 53 poin dan hanya selisih satu poin dengan Atletico yang berada di peringkat keempat.

Pada pertandingan selanjutnya, Real Madrid akan berhadapan dengan Mallorca pada Kamis (25/06/20) pukul 03.00 WIB. Jika pertandingan ini mampu dimenangkan, kemungkinan besar Los Blancos masih bisa menduduki posisi puncak klasemen sementara LaLiga Spanyol.

Akan menjadi keuntungan Real Madrid jika rivalnya, Barcelona, menelan kekalahan saat menghadapi Athletic Bilbao pada Rabu (24/06/20) pukul 03.00 WIB di Stadion kebanggaan mereka, Camp Nou.