Bola Internasional

Diego Maradona Dinilai Masih Jauh di Bawah Lionel Messi

Rabu, 24 Juni 2020 10:12 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Alex Livesey - FIFA/FIFA via Getty Images
Diego Maradona dan Lionel Messi di Piala Dunia 2010 Copyright: © Alex Livesey - FIFA/FIFA via Getty Images
Diego Maradona dan Lionel Messi di Piala Dunia 2010

INDOSPORT.COM - Legenda Timnas Argentina, Diego Maradona lagi-lagi dibandingkan dengan juniornya, Lionel Messi dan diangap kualitasnya masih di bawah La Pugla.

Dalam catatan sejarah sepak bola Argentina, Madarona dan Lionel Messi adalah pesepakbola terbaik di negaranya. Keduanya sama-sama memiliki tingkat kesuksesan yang besar. Namun, hal ini masih dinilai bahwa mereka memiliki perbedaan.

Legenda sepak bola Paraguay, Jose Luis Chilavert mengutarakan pendapatnya bahwa Maradona adalah pemain yang tidak sebanding dengan Lionel Messi. Menurutnya La Pulga masih memiliki kualitas di atas pemilik julukan gol Tangan Tuhan itu.

“Messi pemain terbaik di planet ini, tak usah diberdebatkan lagi. Maradona tidak bisa memenangkan satu persen pun dari apa yang sudah diraih oleh Messi selama ini,” kata Chilavert dilansir dari Marca.

Menurut Chilavert, masyarakat di Argentina harus berterima kasih kepada sosok Messi. Sebab, dirinya lebih memilih Argentina sebagai negaranya ketimbang Spanyol yang membesarkan namanya melalui Barcelona.

“Orang-orang Argentina harusnya berterima kasih kepada Lionel Messi untuk memilih negara tersebut ketimbang Spanyol, sebuah kebahagiaan bisa melihatnya bermain,” tambahnya.

Jose Luis Chilavert ini pernah mengalami perseteruan dengan Maradona pada babak kualifikasi Piala Dunia 1998. Saat itu, Paraguay berhadapan dengan Argentina.

Pedebatan selama ini antara Maradona dan Messi tak luput dari apa yang sudah mereka dapatkan bersama Timnas, klub, dan gelar yang melekat kepada diri mereka masing-masing. Sebab, jika dinilai dari kesuksesan, keduanya sudah dalam tahap sukses menjadi pesepakbola profesional.

Jika dilihat dari capaian masing-masing, Maradona sukses mengantarkan Timnas Argentina menjuarai Piala Dunia tahun 1986 dengan kontroversi saat itu adalah gol Tangan Tuhan yang ia ciptakan.

Sedangkan di level klub, pria yang kini menjadi pelatih dari Gymnasia itu sudah memberikan beberapa trofi bersama Barcelona, Boca Juniors dan Napoli. Ia belum pernah sekali pun memenangkan penghargaan Ballon d’Or saat masih menajadi pemain sepak bola.

Sementara itu, Lionel Messi berhasil membawa Barcelona menjuarai berbagai kompetisi seperti 10 trofi LaLiga Spanyol, empat kali juara Liga Champions dan berhasil mengumpulkan enam gelar Ballon d’Or selama ini. Namun, ia belum sukses membawa Timnas Argentina meraih kesuksesan, hanya medali di Olimpiade 2008.