Liga Spanyol

Keberuntungan Barcelona di Balik Patahnya Dominasi Athletic Bilbao

Rabu, 24 Juni 2020 09:33 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Xavi B. / AFP7 / Europa Press Sports via Getty Images
Sebelum Kalah, Athletic Bilbao Sempat Kalahkan Barcelona 2 Kali Dalam Semusim Copyright: © Xavi B. / AFP7 / Europa Press Sports via Getty Images
Sebelum Kalah, Athletic Bilbao Sempat Kalahkan Barcelona 2 Kali Dalam Semusim

INDOSPORT.COM - Klub LaLiga Spanyol, Athletic Bilbao memang terbilang bukan klub papan atas dan baru saja menelan kekalahan dari Barcelona. Namun, siapa sangka bahwa mereka sempat mengalahkan klub Lionel Messi itu dua kali dalam semusim.

Pertandingan lanjutan LaLiga Spanyol antara Barcelona menjamu Athletic Bilbao memang sudah selesai dan dimenangkan oleh pasukan dari Quique Setien dengan skor tipis 1-0, Rabu (24/06/2020) dini hari WIB. Barcelona berhasil mematahkan dominasi Athletic Bilbao di musim 2019/2020.

Pada pertandingan ini memang Barcelona sudah meraih kemenangan yang diharapkan sebelumnya. Sebab, kemenangan ini mereka memimpin puncak klasemen LaLiga Spanyol yang sebelumnya dipegang oleh rival mereka, Real Madrid.

Kendati demikian, siapa sangka bahwa sebenarnya Barcelona hanya sekali mengalahkan Athletic Bilbao pada musim 2019/2020. Dari sisi klasemen LaLiga Spanyol, sungguh jelas bahwa Bilbao jauh di bawah El Barca musim ini.

Dari total tujuh kekalahan yang dialami oleh Lionel Messi dan kawan-kawan, dua di antaranya adalah ketika melawan Bilbao pada putaran pertama LaLiga Spanyol dan kompetisi Copa del Rey. Masing-masing kekalahan itu hanya terpaut tipis, yakni 0-1.

Kerja keras yang dilakukan oleh Bilbao ini tak luput dari sosok pelatih Gaizka Garitano. Ia lah faktor di balik dua kali kemenangan Athletic Bilbao atas klub besar Barcelona di musim 2019/2020 ini.

Gaizka Garitano menggunakan dua taktik yang berbeda saat mengalahkan Barcelona. Pada putaran pertama LaLiga, pelatih berusia 44 tahun ini memakai formasi empat bek. Sedangkan di ajang Copa del Rey, ia memainkan tiga bek tengah dengan posisi sejajar.

Menurutnya, mempersiapkan lini belakang adalah hal yang paling utama untuk berhadapan dengan Barcelona. Sebab, dengan komposisi pemain depan yang luar biasa dikubu mereka, maka hanya dengan mematangkan di sektor pertahananlah yang menjadi kunci kemenangannya.

Akan tetapi pada laga yang diselenggarakan dini hari tadi, Bilbao harus kehilangan salah satu pemain kunci yang mereka miliki yakni, Yuri. Pemain yang berposisi sebagai bek kiri ini mau tidak mau harus absen karena akumulasi kartu dan menjadi sebuah keberuntungan untuk Barcelona.

Dengan hasil tadi malam, Barcelona akhirnya menduduki puncak klasemen sementara LaLiga Spanyol musim 2019/2020 ini dengan mengumpulkan 68 poin dari 31 pertandingan yang sudah mereka jalani selama ini.

Sementara itu, pada peringkat kedua masih dihuni oleh rivalnya, Real Madrid dengan mengoleksi 65 poin dan hanya selisih tiga poin saja. Jika pada pertandingan selanjutnya, Los Blancos bisa memenangkan pertandingan, maka kemungkinan akan menggeser lagi posisi dari Barcelona yang berada di puncak klasemen sementara LaLiga Spanyol.