Bola Internasional

Shin Tae-yong, Pelatih Kelas Dunia yang Diperlakukan Amatir oleh PSSI

Rabu, 24 Juni 2020 12:55 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Roihan Susilo Utomo/INDOSPORT
Kisruh antara pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong dengan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) terus berlanjut dan semakin memanas. Copyright: © Roihan Susilo Utomo/INDOSPORT
Kisruh antara pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong dengan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) terus berlanjut dan semakin memanas.

INDOSPORT.COM - Kisruh antara pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong dengan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) terus berlanjut dan semakin memanas.

Komentator sepak bola bernama Tommy Welly saat berbicara di chanel Youtube I'M GenZ Official menyayangkan sikap PSSI yang tidak menghargai pelatih kelas dunia seperti Shin Tae-yong.

Bahkan situs resmi PSSI sempat memberitakan klarifikasi Indra Sjafri yang isinya menyebut kalau Shin Tae-yong tidak profesional dan pembohong.

"Ini sebuah hal yang miris dan memprihatinkan. Shin Tae-yong itu dari negara yang sepak bolanya kuat, bisa dibilang Macan Asia. Piala Dunia sejak 1986 Korea Selatan tidak pernah absen. Shin Tae-yong lahir dari tradisi sepak bola tinggi," kaya Tommy Welly.

Saat ini Indonesia sedang disorot dunia karena menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 mendatang. Tommy Welly hanya takut kalau nanti negara lain memandang remeh Indonesia karena memperlakukan Shin Tae-yong secara amatir.

"Shin Tae-yong adalah pelatih yang ada di komunitas Internasional. Jadi pendekatan kita harus berkelas. Indonesia ini kan mau tampil di Piala Dunia U-20 2021 mendatang. Apa kata dunia nanti yang menganggap kita sebegitu amatirnya dengan konflik ini," ujar Tommy.

Diketahui, kisruh tersebut terjadi saat Shin Tae-yong menjelekkan PSSI ketika diwawancarai oleh media Korea Selatan. Saat itu Shin Tae-yong kecewa dengan PSSI yang sering bergonta-ganti pengurus timbang memikirkan generasi muda Timnas Indonesia.

Ia kemudian menyindir PSSI karena memilih Indra Sjafri sebagai Direktur Teknik. Padahal Indra Sjafri yang sebelumnya ditunjuk sebagai asisten pelatih Timnas Indonesia U-19 melakukan kesalahan.

Indra Sjafri pulang ke Indonesia tanpa izin dari Shin Tae-yong saat pemusatan latihan di Thailand. Shin Tae-yong diketahui  sangat kecewa namun membuka pintu maaf untuk Indra Sjafri.

Selang beberapa hari setelah tiba di Jakarta, Shin Tae-yong bertemu dengan Indra Sjafri saat meghadiri rapat tertutup. Shin mengaku kalau Indra Sjafri malah tidak mengucapkan permintaan maaf dan seperti tak memiliki kesalahan.