Liga Inggris

Aguero Cedera Panjang, Guardiola Bakal Mainkan Gundogan Jadi Striker

Kamis, 25 Juni 2020 07:41 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© Laurence Griffiths/Getty Images
Manajer Manchester City, Pep Guardiola, siap menjajal opsi memasang Ilkay Gundogan sebagai penyerang menutupi absennya Sergio Aguero karena cedera. Copyright: © Laurence Griffiths/Getty Images
Manajer Manchester City, Pep Guardiola, siap menjajal opsi memasang Ilkay Gundogan sebagai penyerang menutupi absennya Sergio Aguero karena cedera.

INDOSPORT.COM – Manajer Manchester City, Pep Guardiola, siap menjajal opsi memasang Ilkay Gundogan sebagai penyerang menutupi absennya Sergio Aguero karena cedera.

Juara Liga Inggris musim lalu, Manchester City, terancam akan kehilangan penyerang andalan mereka Sergio Aguero cukup lama. Bintang asal Argentina itu baru saja menjalani operasi untuk memulihkan cedera lutut yang dialaminya saat berhadapan dengan Burnley beberapa hari lalu.

Operasi itu sendiri telah dilakukan di Barcelona oleh dokter spesialis Ramon Cugat pada Rabu (24/06/20) waktu setempat.

The Citizens hingga kini masih belum mengetahui kapan tepatnya pencetak gol terbanyak mereka sepanjang masa itu akan absen. Namun manajer Pep Guardiola memprediksi sang penyerang harus beristirahat hingga akhir musim ini.

Kondisi ini pun membuat manajer asal Spanyol itu menyiapkan sejumlah pemain sebagai pengganti Aguero untuk memimpin lini depan. Meskipun masih ada sosok Gabriel Jesus, ketatnya jadwal mereka di sisa musim ini membuat Guardiola menyiapkan sejumlah opsi lain, termasuk gelandang Ilkay Gundogan.

“Kekhawatiran kami bukanlah apakah Gabriel Jesus cukup baik (untuk menggantikan Aguero). Satu-satunya yang kami cemaskan adalah dengan persiapan yang telah kami lakukan, tak satu pun pemain kami siap bertanding 3 hari sekali,” ujarnya seperti dilansir Independent.

Ia pun kemudian menyebut 3 pemain lain yang ia siapkan sebagai opsi cadangan, untuk dimainkan sebagai false nine.

“Kami punya Gabriel. Raheem (Sterling) pernah bermain di posisi itu, bahkan Gundogan dan Bernardo (Silva) juga pernah memainkan peran ini. Kami punya banyak opsi berbeda. Mereka bukan penyerang tengah murni, tapi kami bisa memanfaatkan mereka.”

“Saat ini kami belum tahu (apakah Aguero bisa bermain kembali musim ini). Dokter yang mengoperasinya akan memberitahu kami kapan dia bisa kembali,” pungkasnya

Guardiola sendiri pernah menerapkan taktik memainkan false nine saat Manchester City menghadapi rival sekota mereka, Manchester United, pada semifinal Piala Liga bulan Januari lalu.

Namun, alih-alih Gundogan, ketika itu Bernardo Silva dan Raheem Sterling-lah yang diturunkan secara bergantian untuk memainkan peran tersebut di atas lapangan.