Liga Indonesia

Setuju Liga 3 Digulirkan, Ini Pendapat Asprov PSSI Jateng

Kamis, 25 Juni 2020 19:06 WIB
Penulis: Prabowo | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© dutatv.com
PSSI Jawa Tengah (Jateng) setuju dan menyambut baik rencana bergulirnya Liga 3 2020. Copyright: © dutatv.com
PSSI Jawa Tengah (Jateng) setuju dan menyambut baik rencana bergulirnya Liga 3 2020.

INDOSPORT.COM - PSSI Jawa Tengah (Jateng) setuju dan menyambut baik rencana bergulirnya Liga 3 2020. Masa depan kompetisi kasta terbawah sepak bola Indonesia itu menemui titik terang setelah PSSI menggelar rapat virtual dengan 34 Asosiasi Provinsi (Asprov) awal pekan ini.

Ketua Asprov PSSI Jateng, Edi Sayudi menjelaskan jika bergulirnya Liga 3 menjadi langkah yang tepat. Terlebih kompetisi Liga 1 dan 2 akhirnya juga digulirkan medio September mendatang.

"Tentu saja kami juga sependapat dengan para peserta Asprov yang lain yakni kompetisi Liga 3 tetap diselenggarakan. Termasuk juga Piala Soeratin karena ini untuk jenjang pembinaan," kata Edi Sayudi, Kamis (25/06/20).

Selain setuju, Edi juga memberikan pandangan berkait format kompetisi nanti. Jika tahun sebelumnya Liga 3 Jawa Tengah menggunakan sistem kandang tandang, tahun ini bisa menggunakan home tournament.

"Mungkin tahun ini bisa dilaksanakan dengan sistem home turnament. Ataupun juga dengan format lain yang memungkinkan untuk dijalankan," tambah dia.

Sebelumnya, Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi mengatakan, Liga 3 diputar dengan tujuan memberikan kesempatan pada pemain muda untuk berkembang, sekaligus ajang pembuktian pemain amatir menuju profesional. Namun, untuk format kompetisi akan dibahas lebih lanjut.


Liga 3 tahun lalu menjadi prestasi tersendiri bagi Jawa Tengah dengan lolosnya dua tim ke Liga 2 yakni Persijap Jepara dan Persekat Tegal. Persijap bahkan keluar sebagai juara.(Ronald Seger Prabowo)