Liga Indonesia

Timnas U-16 Sulit Uji Coba Internasional, Ini Solusi Bima Sakti

Kamis, 25 Juni 2020 20:47 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Timnas Indonesia U-16 seperti mendapat kesulitan untuk melakukan agenda uji coba internasional. Hal ini dikeluhkan langsung oleh Bima Sakti. Copyright: © Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Timnas Indonesia U-16 seperti mendapat kesulitan untuk melakukan agenda uji coba internasional. Hal ini dikeluhkan langsung oleh Bima Sakti.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-16 seperti mendapat kesulitan untuk melakukan agenda uji coba internasional. Hal ini dikeluhkan langsung oleh pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti. Padahal dia sejatinya memiliki wacana untuk agenda uji coba internasional sebelum ke Piala Asia U-16 2020.

Namun sayang karena situasi pandemi virus corona yang masih melanda, hal tu pun sulit terlaksana. Bima kini akan mencoba para pemain Timnas Indonesia U-16 untuk melawan klub-klub lokal agar tetap siap melakoni Piala Asia U-16 2020.

"Untuk uji coba, kami sudah merencanakan. Akan tetapi, apabila digelar pada Bulan Juli sepertinya agak sulit, apalagi jika menghadapi lawan dari luar negeri," keluh Bima.

"Kemungkinan kami akan coba untuk pertandingan melawan klub-klub lokal. Itupun kami akan koordinasi dulu dengan tim dokter," tambah Bima Sakti.

Namun Bima juga tak langsung melakukan laga uji coba tersebut. Sebab distuasi saat ini tak menutup kemungkinan melawan klub lokal juga akan mengalami kesulitan.

"Kalau untuk minggu pertama, kami akan lakukan game internal di antara kami saja. Hal itu mungkin tidak terlalu ada masalah."

"Tapi kalau beruji coba melawan tim lain, kami harus berkoordinasi. Terutama perihal apakah nantinya mereka perlu di tes juga atau tidak," tambahnya.

"Karena ini soal tanggung jawab untuk kesehatan pemain, ofisial, pelatih, dan semuanya. Kalau sampai terpapar gara-gara uji coba dengan tim luar jelas berbahaya. Hal itu yang menjadi catatan kami," pungkasnya.

Timnas Indonesia U-16 membutuhkan pertandingan uji coba sebagai persiapan menghadapi Piala Asia U-16 2020 di Bahrain pada 25 November sampai dengan 12 Desember mendatang. Pada kejuaraan itu, Timnas U-16 tergabung di Grup D bersama Jepang, Arab Saudi, dan China.