Liga Indonesia

Begini Respons Sejumlah Klub Sumut soal Kelanjutan Liga 3

Jumat, 26 Juni 2020 09:53 WIB
Penulis: Aldi Aulia Anwar | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
Klub asal Sumatera Utara (Sumut), Karo United. Copyright: © Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
Klub asal Sumatera Utara (Sumut), Karo United.

INDOSPORT.COM - Sejumlah klub sepak bola asal Sumatera Utara (Sumut) turut angkat bicara perihal kelanjutan dari kompetisi kasta ketiga Indonesia, Liga 3 musim 2020.

Salah satunya adalah Karo United yang merupakan juara Liga 3 zona Sumut 2019 lalu dan berhasil melaju sampai ke babak 16 besar putaran nasional tahun lalu.

Tim berjuluk Laskar Simbisa ini sangat berharap kompetisi kasta ketiga Indonesia untuk klub-klub amatir ini dapat bergulir di tahun ini, meski Indonesia masih dalam kondisi pandemi Covid-19.

"Karo United sangat berharap Liga 3 dapat bergulir. Tentunya dengan regulasi dan format yang mengutamakan protokol kesehatan," kata Manajer Karo United, Theopilus Gunting, Kamis (25/06/20).

"Kita menunggu keputusan resmi dari PSSI (soal kelanjutan Liga 3) yang nantinya diteruskan Asprov PSSI Sumut. Kita berharap yang terbaik yang menjadi keputusan bersama," lanjut Theo.

Sementara klub Liga 3 asal Sumut lainnya, Bansar FC, mengaku mengikuti apa saja yang nantinya jadi keputusan PSSI soal kelanjutan kompetisi klub amatir ini.

"Bagi kami jalan atau tidaknya Liga 3 ini bergantung dari keputusan PSSI. Kalau lanjut, Bansar FC siap. Kalau enggak, kami juga tidak masalah. Karena kami faham dengan kondisi Covid-19 ini. Intinya kami ikut dengan keputusan PSSI nantinya," ujar owner Bansar FC, Endra Gunawan.

Sedangkan Victory Dairi, klub Liga 3 asal Sumut lainnya, berpendapat berbeda. Victory Dairi mengaku cukup berat mengikuti Liga 3 tahun ini dengan kondisi pandemi seperti ini.

"Kalau harus digelar, kami sangat berat ikut Liga 3 tahun ini. Dengan kondisi seperti ini sulit mencari sponsor. Kemudian aspek pembiayaan lebih besar. Tentu sangat berat untuk tim daerah seperti kami," ungkap pelatih Victory Dairi, Eben Siregar.

Sebagai informasi, Liga 3 musim 2019 lalu masih menerapkan tahap pra-nasional. Sementara berdasarkan info beberapa waktu lalu bahwa Liga 3 2020 tidak ada tahap pra-nasional. Artinya semua klub amatir harus berjuang dari titik awal yakni zona provinsi, lalu yang lolos berhak ke tahap regional dan selanjutnya berlaga di putaran nasional.