Liga Indonesia

2 Manfaat Latihan di Tengah Pandemi Bagi Kiper PSIS

Minggu, 28 Juni 2020 14:36 WIB
Penulis: Alvin Syaptia Pratama | Editor: Lanjar Wiratri
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Penjaga gawang PSIS Semarang, Joko Ribowo memanfaatkan waktu liburnya dengan tetap melakukan latihan di salah satu lapangan dekat rumahnya yang terletak di Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Kiper kelahiran Demak ini sudah tiga bulan lebih tidak melakukan latihan bersama rekan-rekannya di Laskar Mahesa Jenar setelah manajemen PSIS meliburkan tim sejak pertengahan Bulan Maret silam akibat pandemi Covid-19.

Selama berada di rumah, Joko Ribowo mencoba tetap menjaga kondisi dengan melakukan latihan. Namun tak hanya berlatih menjaga kondisi fisik, mantan kiper Arema FC ini juga mencoba menyusun program latihan bagi pemain muda di daerah Pati.

Hal ini tentu cukup bermanfaat bagi Joko Ribowo sebagai bekal menjadi seorang pelatih pada masa yang akan datang.

“Saya nge-mix latihan sendiri, harus sudah mulai berlajar biar besok tidak kaget lagi setelah jadi pelatih. Saat ini lebih sering latihan sambil melatih,” tutur Joko Ribowo seperti dilansir dari laman resmi PT. Liga Indonesia Baru (PT. LIB).

Dalam latihan yang disusun Joko, ia juga membedakan program latihan pada kelompok umur tertentu dengan anak-anak yang selama ini mengikuti sekolah sepak bola di SSB Joko Ribowo Football Academy (JRFA).

“Kalau yang 2008-2012 dari SSB saya. Yang kelahiran 2003 mayorutas anak Pati yang sekolah di luar Pati. Pas libur ini saya ajak latihan bareng,” ungkap Joko Ribowo.

Perlu diketahui, pemain yang bergabung bersama PSIS di paruh musim Liga 1 2018 ini sudah memiliki lisensi kepelatihan D Nasional sejak beberapa tahun yang lalu sebagai bekal menjadi seorang pelatih di masa depan.