Liga Indonesia

Rencana Iwan Bule Soal Kick Off dan Selesai Liga 1 2020

Senin, 29 Juni 2020 14:23 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan ingin kick off lanjutan Liga 1 2020 tepat pada 1 Oktober nanti. Ia telah meminta PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi untuk mengatur jadwal tersebut.

Keinganan Iwan Bule (sapaan Iriawan) juga ditunjang dengan Surat Keputusan (SK) bernomor SKEP/53/VI/2020 tentang kelanjutan kompetisi dalam keadaan luar biasa tahun 2020. Menurutnya, jika dimulai awal Oktober, Liga 1 2020 baru akan selesai pada Maret tahun depan.

"Kami sudah diskusi kemarin, begitu SK keluar langsung running dan akan diskusi kembali dengan klub-klub Liga 1 dan Liga 2. Saya inginnya tanggal 1 sudah bergulir kembali," ujarnya.

"Saya bilang ke LIB awal Oktober harus jalan. Maunya gitu, tapi tentunya harus rapat lagi dan jelaskan ke publik dan klub".

"Selesainya (Liga 1) pasti berganti tahun, kira-kira bergeser ke awal tahun depan,  hanya beberapa bulan. Mudah-mudahan  1Oktober sudah mulai dan mungkin selesai sebelum Maret, makanya besok (hari ini-red) LIB akan bekerja," imbuhnya.

Lebih lanjut, Iwan Bule menjelaskan Liga 1 2020 dipusatkan di Pulau Jawa. PSSI akan berkomunikasi lebih lanjut dengan klub-klub yang berasal dari luar Pulau Jawa, terkait akomodasi untuk datang ke Kota Yogyakarta yang jadi prioritas utama.

"Mungkin dipusatkan di Jawa, tapi kami juga harus melihat kesiapan tempat. Rencananya ke sana (Yogya), tapi harus komunikasi lagi dengan klub-klub di luar Jawa," tuturnya.

"Beberapa klub sudah setuju, satu-dua klub akan kami komunikasikan karena berkaitan dengan transportasi seperti dari Papua kan. Sekarang kan masih minim (penerbangan), mudah-mudahan dua-tiga bulan ke depan penerbangan sudah menggeliat kembali".

"Kami sudah akomodir dipusatkan mungkin nanti di Yogja. Kami sedang berkomunikasi dengan beberapa pemilik hotel di sana dan bersedia membantu kelancaran kompetisi," tutup Iwan Bule.

Meski sudah menetapkan kick off Liga 1 dan 2 2020, PSSI belum mengumumkan soal kemunginan perubahan regulasi. Federasi masih mengkajinya terlebih dahulu dan akan ambil suara pada rapat Exco.