Liga Inggris

Bawa Liverpool Juara, Jurgen Klopp Malah Disuruh Hengkang

Selasa, 30 Juni 2020 14:21 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor: Lanjar Wiratri
© Jan Kruger/Getty Images
Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp disarankan untuk meninggalkan Anfield Stadium meski baru saja meraih gelar juara Liga Inggris musim 2019/2020. Copyright: © Jan Kruger/Getty Images
Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp disarankan untuk meninggalkan Anfield Stadium meski baru saja meraih gelar juara Liga Inggris musim 2019/2020.

INDOSPORT.COM - Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp disarankan untuk meninggalkan Anfield Stadium meski baru saja meraih gelar juara Liga Inggris musim 2019/2020.

Saran untuk Jurgen Klopp sudah saatnya meninggalkan Liverpool tersebut dilontarkan oleh mantan pemain Borussia Dortmund, Neven Subotic. Nevel meminta Klopp hengkang dari The Reds meski pelatih asal Jerman tersebut baru saja membawa Liverpool meraih gelar juara Liga Inggris musim 2019/20.

Manchester City harus mengubur jauh harapannya untuk menandingi Liverpool dan bisa menggeser posisinya di puncak klasemen. Sebab, pasukan Pep Guardiola ini harus takluk 1-2 atas Chelsea pada lanjutan kompetisi Liga Inggris pekan ke-31.

The Reds tercatat hanya mengalami satu kali kekalahan dan dua hasil imbang, serta mendapatkan 28 kemenangan dari 31 pertandingan yang sudah mereka jalani pada musim 2019-2020 ini.

Meski membawa Liverpool meraih hasil fantastis, Neven Subotic menganggap Jurgen Klopp ini sudah saatnya naik level. Subotic menyebut Klopp kini semestinya mendapatkan kesempatan membesut Timnas Jerman.

“Jurgen Klopp di tahapan ini tentu saja harusnya jadi pelatih tim nasional. Lalu, menjuarai Piala Dunia bersama Jerman. Sejauh menyangkut kesuksesan, pasti tidak akan ada yang tersisa, bahkan untuk Klopp,” kata Subotic dilansir dari Team Talk.

Neven Subotic sendiri pernah merasakan dilatih oleh Jurgen Klopp ketika masih berseragam Borussia Dortmund. Setelah itu, keduanya pun hengkang, Klopp pergi ke Liverpool pada tahun 2015 lalu sedangkan Subotic tiga tahun kemudian pergi dan bergabung ke Saint-Etienne.

Mantan pemain Borussia Dortmund ini memberikan analisisnya mengenai performa mantan pelatihnya tersebut bisa sukses membawa Liverpool meraih puncak kejayaan sejak dirinya bergabung pada tahun 2015 silam.

“Di tangan Klopp, Liverpool mengundang banyak pemain baru untuk merasakan semangat dalam sepak bola. Ini juga sudah merupakan prestasi untuk Klopp. Ia memiliki banyak rencana dari semua harapan yang disusunnya selama menjadi pelatih Liverpool,” tambahnya.

Lima Musim menakhodai Liverpool, Jurgen Klopp mencatatkan 258 pertandingan dengan meraih 156 kemenangan, 59 hasil imbang dan 43 kekalahan. Rasio kemenangan yang didapatkan The Reds di Anfield lebih dari 60 persen.

Klopp sendiri juga menyatakan bahwa dirinya tidak akan berhenti untuk terus membawa Liverpool berada di puncak kejayaan. Hal ini merupakan kode bahwa dirinya akan mengabdi lebih lama lagi di klub asal Merseyside ini.