Bola Internasional

Termasuk Striker Liverpool, 6 Bintang Top Eropa yang Tempa Ilmu di KRC Genk

Senin, 29 Juni 2020 21:48 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© TF-Images / GettyImages
Enam pemain yang sekarang sukses menjadi bintang tenar dunia ini ternyata pernah menimba ilmu bersama klub sepak bola Belgia, KRC Genk. Copyright: © TF-Images / GettyImages
Enam pemain yang sekarang sukses menjadi bintang tenar dunia ini ternyata pernah menimba ilmu bersama klub sepak bola Belgia, KRC Genk.

INDOSPORT.COM - Enam pemain yang sekarang sukses menjadi bintang tenar dunia ini ternyata pernah menimba ilmu bersama klub sepak bola Belgia, KRC Genk.

Racing Club Genk atau yang lebih dikenal dengan nama KRC Genk adalah klub sepak bola asal Belgia yang berbasis di Limburg. Mereka berlaga di Liga Pro Belgia dan sudah empat kali juara domestik.

Selain itu, mereka juga pernah enam kali memenangkan Piala Belgia dan dua kali juara Piala Super Belgia. Di Liga Champions, Genk memiliki total main 22 kali, menang lima kali, imbang delapan kali, dan kalah sembilan kali.

Meski kiprah mereka di kancah sepak bola Eropa kurang menjanjikan, tapi Genk atau yang juga berjuluk The Smurf itu ternyata telah berjasa dalam menelurkan pemain-pemain yang sekarang menjadi superstar dunia.

Melansir dari laman portal berita olahraga Squawka, berikut tersaji enam pemain bintang dunia yang ternyata merupakan jebolan dari KRC Genk.

1. Kevin De Bruyne (Manchester City)

Gelandang Manchester City, Kevin De Bruyne, mengawali karir sepak bola juniornya bersama Gent pada 1999-2005. Setelah itu, ia pindah ke Genk sampai 2008. Ketika usia dan pengalamannya sudah mencukupi, De Bruyne dipanggil untuk memperkuat tim senior Genk pada 2008-2012.

Karena performanya yang memukau, raksasa Liga Inggris yang bernama Chelsea tertarik. Mereka pun mendatangkan De Bruyne ke Stamford Bridge pada 2012-2014. Setelah itu, ia pindah ke VfL Wolfsburg pada 2014-2015 dan akhirnya ke Manchester City dari 2015 sampai sekarang.

2. Kalidou Koulibaly (Napoli)

Sebelum pindah ke Napoli, bek tengah asal Prancis yang bernama Kalidou Koulibaly terlebih dulu membela Genk pada 2012-2014. Ia memperkuat The Smurf setelah meninggalkan klub tempat dirinya meniti karir juniornya, Metz.

Digadang-gadang menjadi salah satu bek tengah terbaik yang bisa menyaingi VIrgil van Dijk dari Liverpool, Koulibaly telah menjadi andalan Napoli sejak 2014 yang lalu. Ia memiliki total menit bermain 20.802 menit dari 237 pertandingan yang ia jalani di semua kompetisi.