Bola Internasional

Membandingkan Nilai Harga Skuat Lechia Gdansk dengan 3 Klub Peminat Egy Maulana Vikri

Selasa, 30 Juni 2020 18:02 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Grafis:Frmn/Indosport.com
Berikut perbandingan Harga skuat Lechia Gdansk dengan klub yang jadi peminat Egy Maulana Vikri, Gornik Zabrze, Warta Pozna, dan Slovan Bratislava. Copyright: © Grafis:Frmn/Indosport.com
Berikut perbandingan Harga skuat Lechia Gdansk dengan klub yang jadi peminat Egy Maulana Vikri, Gornik Zabrze, Warta Pozna, dan Slovan Bratislava.

INDOSPORT.COM – Berikut perbandingan Harga skuat Lechia Gdansk dengan klub yang jadi peminat Egy Maulana Vikri, Gornik Zabrze, Warta Pozna, dan Slovan Bratislava.

Dua musim berseragam klub Liga Polandia Lechia Gdansk, penyerang Timnas Indonesia U-23, Egy Maulana Vikri dikabarkan siap dilego ke tiga klub lainnya akhir musim ini.

Dalam kabar yang beredar, dengan kontrak yang tinggal menyisakan satu musim lagi, Egy Maulana akan dijual Lechia Gdansk seharaga 300 ribu euro (Rp4,6 miliar) kepada salah satu klub peminatnya, antara Gornik Zabrze, Warta Pozna atau Slovan Bratislava.

Meski masih sebatas rumor, kabar tersebut jelas menarik buat publik sepak bola Indonesia, yang pasti akan sangat menantikan dimana Egy Maulana Vikri akan bermain musim depan.

Apa lagi ketiga klub yang dikabarkan meminati Egy Maulana Vikri itu semuanya bukan klub yang cukup punya nama besar dan familiar di telinga publik sepak bola Indonesia.

Berkaca pada hal itu, maka berikut INDOSPORT coba membandingkan kebesaran ketiga klub tersebut dengan klub Egy Maulana saat ini, Lechia Gdansk. Apakan nilai mereka semua lebih kecil dari Lechia Gdansk, atau sebaliknya.

Perbandingan Harga Skuat Lechia Gdansk dengan Tiga Klub Peminat Egy Maulana

Berbicara mengenai perbandingan harga skuat, tentu akan dimulai dengan merujuk pada skaut Lechia Gdansk saat ini.  Klub yang menguni kasta tertinggi Liga Polandia itu kini memiliki total harga skuat mencapai 10,10 juta euro atau sekitar Rp 59,4 miliar.

Angka tersebut jelas bukan yang tertinggi dibanding beberapa klub lainnya di kasta utama Liga Polandia. Nilai skuat Lechia Gdansk itu hanya berada di urutan keempat. Kalah dengan Jagiellonia, Legia Warsawa dan Lech Poznan sebagai klub dengan nilai skuat tertinggi sebesar 22,7 juta euro atau Rp358 miliar.

Namun jika dibandingkan klub-klub yang dikabarkan meminati Egy Maulana Vikri, nilai skuat Lechia Gdansk nyatanya masih bisa unggul, meski tidak atas semua di antara tiga klub itu.

Warta Poznan misalnya. Dengan status klub tersebut yang hanya bermain di kasta kedua Liga Polandia, jelas nilai skuat Lechia Gdansk jauh bisa mengungguli Warta Poznan dengan cukup jauh.

Di saat Lechia Gdansk memiliki nilai yang mencapai Rp150 miliar lebih, Warta Poznan kini hanya memiliki nilai skuat 2,6 juta euro atau setara Rp41 miliar.

Bahkan harga pasar pemain termahal Warta Poznan saat ini, Mateusz Szczepaniak, tak lebih mahal dari harga jual yang dinginkan Lechia Gdansk untuk yang meminati Egy Maulana Vikri.

Saat Egy Maulana Vikri hendak dijual 300 ribu euro (Rp4,6 miliar), Mateusz Szczepaniak kini hanya berharga pasar 250 ribu euro atau Rp3,9 miliar.

Bukan hanya dengan Warta Poznan yang beda kasta saat ini, dengan Gornik Zabrze yang sama-sama bermain di kasat utama Liga Polandia, harga skuat Lechia Gdansk ternyata juga masih unggul.

Sebab Gornik Zabrze saat ini tercatat hanya memiliki total harga skuat yang menyentuh angka 8,3 juta euro atau Rp 131 miliar.

Nilai tersebut pun sudah terdongkrak jauh berkat kehadiran Roman Prochazka yang baru mereka rekrut bulan januari lalu. Dengan harga mencapai 1,4 juta euro atau Rp22,1 miliar.

Namun di antara keunggulan Lecha Gdansk dengan dua klub yang dikabarkan meminati Egy Maulana Vikri itu, mereka ternyata masih kalah dengan satu klub lainnya asal Liga Slovakia, Slovan Brastilava.