Liga Inggris

Fenomena 26 Tendangan yang Tak Berujung Gol bagi Manchester City

Senin, 6 Juli 2020 16:59 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Robin Jones/Getty Images
Manchester City dibuat frustrasi oleh Southampton pada jadwal lanjutan Liga Inggris, Senin (06/07/20). Copyright: © Robin Jones/Getty Images
Manchester City dibuat frustrasi oleh Southampton pada jadwal lanjutan Liga Inggris, Senin (06/07/20).

INDOSPORT.COM - Manchester City harus mengakui keunggulan Southampton dalam jadwal lanjutan kompetisi Liga Inggris pekan ke-33. Sebanyak 26 tendangan yang dilesatkan tidak berbuah gol.

Berlangsung di kandang Southampton pada Senin (06/07/20) dini hari WIB, The Citizens harus menelan kekalahan menghadapi tim tuan rumah dengan skor tipis 0-1. Pasukan Pep Guardiola kebobolan pada menit awal babak pertama.

Satu-satunya gol yang dicetak oleh Southampton ini melalui kaki Che Adams pada menit ke-16. Gol yang tercipta ini merupakan buah kesahalan Zinchenko yang kehilangan penguasaan saat bola direbut oleh Stuart Armstrong di area tengah lapangan.

Kemudian bola tersebut bergulir ke kaki Che Adams, dengan jarak kurang lebih 35 meter, ia langsung melesatkan tendangan lob dan masuk ke gawang Ederson, yang keluar dari sarangnya.

Seperti dilansir dari Opta, Manchester City sebenarnya menguasai jalannya pertandingan dengan ball possession mencapai 74 persen dan berbanding 26 persen dengan Southampton. Meski demikian, The Citizens belum berhasil memenangkan pertandingan.

Hal ini juga dikarenakan para pemain Southampton bermain sangat rapi, mulai dari pemain belakang dan juga sang penjaga gawang, Alex McCarthy. Buktinya, 26 tendangan yang dilesatkan ke gawang The Saints tidak berbuah gol satu pun.

Jika dilihat dari 26 tendangan yang dilesatkan Manchester City, hanya enam yang tepat sasaran, sembilan melenceng dan sisanya berhasil diblok. Penampilan apik ini juga ditunjukkan oleh McCarthy yang jatuh bangun mengamankan gawangnya.

Buktinya, pemain Manchester City seperti Gabriel Jesus, David Silva, Riyad Mahrez, dan Raheem Sterling melakukan serangan bertubi-tubi pun gawang dari Alex McCarthy masih saja tak ternodai sama sekali.

Nampaknya, jika dilihat lebih jauh, fenomena yang dialami oleh Manchester City ini tidak terjadi dalam laga melawan Southampton saja. Melainnya, pada tahun 2016 silam, pasukan Pep Guardiola juga mengalami hal serupa saat melawan Manchester United, yakni 26 tendangan tanpa berbuah gol satu pun.

Dengan hasil ini, Manchester City sendiri masih berada di peringkat yang sama dari sebelumnya, yakni di posisi kedua klasemen sementara Liga Inggris dengan capaian 66 poin dari 33 penampilan yang mereka jalani musim ini.

Sementara itu, Southampton akhirnya berhasil naik satu tingkat dari posisi awalnya. Pasukan Ralph Hasenhuttl pun berhasil menggeser Crystal Palace dan menduduki peringkat ke-13 dengan 43 poin yang mereka kumpulkan.