Liga Indonesia

On This Day: Persipura Rekrut Pelatih Brasil Gantikan Peter Butler

Senin, 6 Juli 2020 15:16 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Lanjar Wiratri
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Tepat pada hari ini, tepat 2 tahun yang lalu, 6 Juli 2018, manajemen Persipura Jayapura mengumumkan Amilton Silva de Oliveira sebagai pelatih baru untuk menggantikan pelatih asal Inggris, Peter Butler. Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Tepat pada hari ini, tepat 2 tahun yang lalu, 6 Juli 2018, manajemen Persipura Jayapura mengumumkan Amilton Silva de Oliveira sebagai pelatih baru untuk menggantikan pelatih asal Inggris, Peter Butler.

INDOSPORT.COM - Tepat pada hari ini, tepat 2 tahun yang lalu, 6 Juli 2018, manajemen Persipura Jayapura mengumumkan Amilton Silva de Oliveira sebagai pelatih baru untuk menggantikan pelatih asal Inggris, Peter Butler.

Amilton didatangkan untuk mengangkat performa Persipura yang di lima laga sebelumnya gagal mendapatkan satu pun kemenangan.

Meski sudah resmi berstatuskan pelatih baru Persipura, Amilton justru tak bisa mendampingi Boaz Solossa dalam empat laga perdananya karena alasan administrasi.

Amilton baru bisa mendampingi Persipura pada 4 Agustus 2018 saat menjamu Barito Putera di Stadion Mandala Jayapura. Dalam debutnya itu, Amilton sukses mempecundangi Barito yang dilatih Jacksen Tiago dengan skor telak 5-1.

Meski mengawali debut dengan manis. Karier Amilton di Persipura justru tak berlangsung lama. Pelatih berkebangsaan Brasil ini didepak oleh manajemen Persipura hanya dalam lima laga.

Padahal, trek Amilton selama lima laga tersebut tak buruk-buruk amat. Dia sanggup mempersembahkan tiga kemenangan dan hanya kalah dua kali.

Pasca didepaknya Amilton dari kursi pelatih, manajemen Persipura kembali mendatangkan pelatih asal Brasil, Oswaldo Lessa. Sayang, Persipura di tangan Lessa justru tampil lebih buruk. 

Boaz Solossa hanya bisa mendapatkan tiga kemenangan dalam 11 laga di bawah asuhan Lessa. Selebihnya mereka meraih dua kali imbang dan menelan enam kekalahan.